in ,

6 Tempat di Asia Ini Menawarkan Lokasi Terbaik Melihat Hiu, Nomor 4 di Indonesia

Hiu di Galapagos Maldives dikenal tidak terlalu agresif

CakapCakap – Cakap People, pasti kamu tak asing lagi bukan dengan ikan hiu? Hewan laut tersebut dikenal sebagai predator yang ganas. Sehingga tak heran jika hiu berada di puncak rantai makanan di lautan.

Ikan hiu juga memiliki berbagai jenis, mulai dari hiu macan, hiu martil, hingga hiu paus raksasa. Nah, beberapa tempat di Asia ini menawarkan lokasi terbaik untuk melihat ikan hiu. Catat daftarnya.

1. Malapascua – Filipina

Dapat berkunjung di sekitar Maret sampai mei. Gambar via zubludiving.com

Terdapat terumbu karang yang mempesona di Malapascua yang sekaligus rumah untuk si hiu thresher, yakni spesies hiu yang dapat dilihat sepanjang tahun.

Sedangkan untuk hiu martil bisa dijumpai di sekitar Maret sampai April. Waktu terbaik untuk singgah sekitar Maret – Mei.

2. Sipadan – Malaysia

Di perairan dangkal, para penyelam dapat menemukan hiu karang abu-abu serta hiu whitetip. Pada waktu tertentu, terdapat pula hiu macan, hiu black tip, serta hiu martil juga sering muncul. Pelancong juga berkesempatan untuk melihat barakuda serta penyu jika beruntung.

3. Fuvahmulah Atoll – Maladewa

Ikan hiu di tempat ini tidak terlalu agresif. Gambar via tripadvisor.com

Tempat ini juga dijuluki sebagai Galapagos Maldives. Kamu dapat menyelam tiap hari bersama kawanan hiu dari jenis hiu martil, hiu thresher, serta hiu macan di tempat satu ini. Hiu-hiu di Maladewa memang terkenal tak terlalu agresif.

Kendati demikian, Zublu Diving menyarankan untuk menyelam ditemani operator selam profesional. Waktu terbaik untuk berkunjung ialah di bulan Desember sampai Maret.

4. Teluk Triton – Indonesia

Lokasi teluk ini berada di Kaimana, Papua Barat. Teluk Triton merupakan tempat untuk kawanan ikan karang besar seperti kakap dan kerapu. Namun ada pula hiu paus raksasa di sana.

Selain itu, teluk tersebut juga dikenal memiliki spesies hiu endemik yang hanya dapat ditemukan di lokasi ini, yakni hiu berjalan. Kamu dapat mampir ke tempat ini di bulan Oktober sampai Desember untuk mendapatkan pemandangan terbaik.

5. Vaavu Atoll – Maladewa

Termasuk lokasi menyelam terbaik di Maladewa. Gambar via tripadvisor.com

Habitat hiu ini sangat menawan, pasalnya memiliki celah sempit yang dihuni oleh terumbu karang yang juga rumah bagi hiu karang abu-abu. Tempat ini juga dikenal sebagai spot menyelam terbaik di Maladewa.

6. Layang-layang Atoll

Kepulauan Spratly mengajak penyelam melihat hiu dari jarak dekat. Selain hiu karang dan martil, kamu juga bisa menemukan kawanan hiu besar, ikan paus, pari, serta lumba-lumba. Sebaiknya kamu berkunjung di sekitar Februari sampai Juli.

Itulah beberapa tempat di Asia yang menawarkan spot melihat hiu terbaik Cakap People. Mungkin pasca pandemi usai, kamu dapat melarikan diri pergi ke sana.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

5 Bahan Dapur Ini Ternyata Ampuh Membersihkan Perhiasan, Kaum Hawa Wajib Tahu

Aktivis Pemuda Thailand Tetap Lanjutkan Demonstrasi Meski Ada Larangan Pertemuan Publik