in ,

Yoga, Olahraga Pernapasan yang Semakin Diminati Banyak Orang

CakapCakap – Banyak orang merasa tak sanggup atau tidak kuat menjalani olahraga-olahraga berat, terutama olahraga kardio seperti senam aerobik hingga berlari. Orang-orang seperti ini pun biasanya akan memilih olahraga ringan yang tidak terlalu menguras banyak energi. Mungkin sebagian Cakap People juga punya kebiasaan seperti itu, di mana merasa lebih cocok melakukan olahraga ringan. Nah, pilihannya ada yoga, dikenal sebagai olahraga pernapasan yang semakin diminati banyak orang.

Yoga semakin banyak diminati orang, karena memiliki banyak manfaat. Via groupon.com

Yoga memang terus berkembang selama beberapa tahun terakhir. Sebagai buktinya, tidak terhitung berapa banyak pusat kebugaraan yang ada saat ini menyediakan kelas khusus untuk olahraga yoga. Bahkan di Amerika Serikat, menurut hasil survei dari Yoga Journal pada 2016, banyak orang yang rela menggelontorkan uang dalam jumlah besar secara khusus hanya untuk mengikuti kelas yoga, hingga membeli pakaian dan peralatan yoga, seperti dilaporkan oleh laman Liputan6.com belum lama ini.

Mereka sendiri meyakini bahwa yoga dan meditasi dapat mengurangi stres, kecemasan, dan depresi. Risiko terkena penyakit jantung pun juga bisa berkurang jika rutin melakukan yoga. Makanya, para orang tua di Amerika Serikat kini juga sudah mulai menularkan kebiasaan yoga ke anak-anak mereka. Hasil survei menyebut ada kenaikan hingga 14 persen orang dewasa berlatih yoga dengan serius pada 2017, dari sebelumnya hanya 9 persen pada 2012. Begitu pula anak-anak usia 4 sampai 17 tahun yang telah melakukan yoga meningkat dari 3 sampai 8 persen selama kurun waktu yang sama.

Para orang tua pun mulai menularkan kebiasaan melakukan yoga kepada anak-anak mereka. Via senamyoga.com

Sementara, menurut laman AloDokter.com, yoga yang dulu lebih dikenal sebagai olahraga meditasi, kini juga dipercaya dapat membakar kalori hingga dianggap baik untuk mencegah penyakit jantung, nyeri sendi, dan melawan stres. Yoga sebenarnya merupakan olahraga tubuh dan pikiran. Manfaat yoga tak hanya membantu tubuh jadi lebih segar dan bugar tapi juga bisa membantu mengendalikan stres dan mengurangi rasa mudah gelisah. Memang tergantung dari beragamnya gerakan yoga itu.

Untuk mendapatkan hasil yang diinginkan, kamu pun harus memilih jenis yoga yang cocok dengan tujuannya.  Sebagai permulaan, Cakap People mungkin bisa mencoba yoga hatha, iyengar, dan juga kripalu dengan gerakan-gerakan yang lebih ringan. Selamat mencoba dan berolahraga yoga ya!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Keren! Cinta Laura Olahraga 12 Kali Seminggu Biar Tetap Seksi

Balita Ini Jadi yang Pertama di Korea Selatan Gunakan Jantung Buatan