in

Tidur dalam Kondisi Rambut Masih Basah, Ini Resikonya!

Pernahkah kamu memikirkan risiko saat tidur dengan kondisi rambut yang masih basah?

CakapCakapCakap People! Setelah seharian melewatkan hari yang melelahkan dengan segala aktivitas, mandi dengan air hangat tentu saja menjadi salah satu pilihan yang nikmat sebelum tidur, lalu mengenakan piyama, sikat gigi dan kemudian langsung menuju ke tempat tidur untuk segera istrirahat. Tetapi, tanpa disadari ternyata kamu masih membiarkan rambut dalam kondisi yang masih basah saat merebahkan diri di tempat tidur.

Pernahkah kamu memikirkan risiko saat tidur dengan kondisi rambut yang masih basah? Sejumlah pendapat mengatakan bahwa tidur dalam kondisi rambut masih basah merupakan hal yang berbahaya, benarkah?

Ilustrasi. [Foto: Pixabay]

Inilah beberapa hal yang akan kamu dapatkan selepas tidur saat kamu tidur dengan membiarkan rambut masih basah, seperti dilansir dari The Healthy berikut ini:

1. Kamu bakal kesulitan menata rambut pada pagi harinya

”Ketika kamu mencoba menata rambut di pagi hari setelah tidur dengan rambut basah, kamu mungkin akan kesulitan menata rambut supaya jadi keriting, bergelombang, lurus, dan crinkles,” kata Olga Gilbert, penata rambut di J. Russell Salon di Palm Desert, California, Amerika Serikat.

Olga Gilbert menambahkan, untuk mengatur rambut tersebut, kamu bisa membasahinya kembali dan mengeringkan rambut kamu dengan sempurna. Kemudian, barulah kamu memulai untuk mengatur rambut sesuai dengan apa yang kamu inginkan. Memang untuk hal ini, kamu harus meluangkan waktu lebih lama di pagi hari untuk hasil yang sempurna.

2. Memicu kerusakan rambut

Membawa rambut yang basah ke dalam tidur kamu memang tidak langsung merusak folikel pada batang rambut. Hanya saja, hal itu akan memicu kerusakan rambut lainnya.

Menurut Olga Gilbert, rambut memang paling lemah dalam kondisi basah sehingga membuatnya lebih lentur dan mudah patah. ‘’Terutama jika kamu menguncir rambut atau membuat sanggul yang kencang saat rambut masih basah, rambut kamu akan lebih mudah patah dan rusak ketika dibawa tidur,” tambah Gilbert.

Bagaimana jika harus tertidur dengan rambut basah?

Ilustrasi. [Foto via liputan6.com]

Jika kamu memang tak punya waktu banyak dan terpaksa untuk tidur dengan rambut basah, Gilbert juga punya cara untuk mengatasinya. Pertama, gantilah sprei katun kamu dengan sprei sutra yang kamu miliki. Permukaan sutra yang lebih halus, akan meminimalisasi kerusakan rambut yang kamu letakkan di atas sarung bantal. 

Kedua, tidurlah dengan keadaan rambut yang longgar. Artinya, jangan ikat rambut kamu dengan kencang apalagi disanggul dengan rapi. Biarkan rambut tergerai bebas sehingga bisa menghirup udara yang dibutuhkannya.

Nah, apakah sekarang kamu masih memilih untuk tidur dengan rambut yang basah? Jika iya, mungkin langkah-langkah di atas bisa kamu praktikan di rumah. Jika tidak, semoga rambut kamu tetap sehat dan tidur dengan keadaan kering.

The Healthy | Republika 

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Penggemar Star Wars Ini Rela Berkemah di Luar Teater Demi The Rise of Skywalker

Angela Merkel Kembali Jadi Wanita Paling Berpengaruh di Dunia 2019 Versi Forbes