in ,

Tetap Sehat saat Banjir, Ini Tips yang Bisa Kamu Coba

Tips menjaga kesehatan saat banjir

CakapCakap – Cakap People menjaga kesehatan merupakan hal yang penting untuk dilakukan, apalagi saat memasuki musim penghujan. Beberapa daerah bahkan dikabarkan tengah mengalami bencana banjir pada musim penghujan ini. Lantas adalah cara ampuh untuk menjaga daya tahan tubuh saat banjir?

Bagi kamu yang ingin selalu sehat bahkan saat banjir sekalipun, kamu bisa coba terapkan beberapa tips yang berikut ini.

Lindungi tubuhmu

Gambar oleh Jill Wellington dari Pixabay

Langkah pertama adalah dengan melindungi tubuhmu. Saat dalam kondisi banjir, kamu bisa menggunakan beberapa alat yang dapat digunakan untuk membuat tubuhmu terlindungi seperti halnya jas hujan hingga sepatu boot. Penggunaan sepatu boot yang tertutup, bisa kamu gunakan untuk menghindari kaki yang terluka ataupun infeksi akibat kuman dan bakteri saat banjir.

Infeksi saat banjir bisa terjadi karena beberapa hal seperti halnya saat tak sengaja menginjak puing bangunan yang terbawa arus dan lain sebagainya. Infeksi juga bisa terjadi karena air yang kotor. Selalu berhati-hati ya.

Jaga kebersihan makanan serta minuman yang dikonsumsi

ilustrasi makanan dan minuman dari pixabay

Tips yang selanjutnya adalah dengan menjaga kebersihan dari makanan serta minuman yang kamu konsumsi. Bukan hanya saat banjir, namun pada hari-hari biasapun, ada baiknya untuk selalu menjaga asupan sehat bagi tubuhmu.

Kamu bisa memilih jenis makanan serta minuman yang sehat serta kurangi asupan yang berupa makanan cepat saji. Supaya penyakit tidak mendatangimu dengan mudah, kamu juga sebaiknya tidak terlambat makan. Pastikan tubuhmu terisi energi agar saat mengungsi, kamu bisa tetap kuat dan tentunya tak mudah terserang gangguan kesehatan.

Selalu jaga pola tidurmu

Gambar oleh Free-Photos dari Pixabay

Selama musim penghujan, ada baiknya untuk menjaga kesehatan tubuh dengan menjaga pola tidur. Begadang merupakan hal yang sebaiknya dihindari. Ada banyak jenis gangguan kesehatan yang bisa saja menghampirimu saat membiasakan diri dengan begadang. Pastikan kamu tidur secara cukup selama kurang lebih 6 sampai dengan 8 jam setiap harinya.

Selain itu, pastikan jika kamu tetap melakukan olahraga meski harus dilakukan di dalam rumah sekalipun. Olahraga bisa membuat tubuh Cakap People bisa lebih kuat dan sehat.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Antisipasi Banjir Susulan di Jakbar, Banyak Perahu Karet Disiapkan

Inilah 10 Paspor Paling Kuat di Dunia Dekade Ini, Uni Emirat Arab (UAE) Puncaki Daftar