in ,

Ternyata Inilah 4 Orang Kaya Pemilik Rumah Sakit Mewah di Indonesia

Rumah sakit yang didirikan cenderung mewah dan lebih banyak disinggahi oleh kalangan menengah ke atas

CakapCakap – Cakap People, rumah sakit merupakan salah satu fasilitas yang dibutuhkan di setiap negara. Oleh karena itu tak perlu heran jika banyak pengusaha yang berkecimpung dalam bisnis rumah sakit.

Hal tersebut mengingat kesehatan memiliki peranan yang penting dalam kehidupan semua kalangan. Alhasil pasien rumah sakit akan senantiasa berdatangan. Selain rumah sakit pemerintah, terdapat pula rumah sakit swasta yang merupakan kepunyaan dari para miliarder.

Tak jarang rumah sakit itu masuk dalam kategori mewah. Siapa saja pemilik rumah sakit mewah di Indonesia? Kenalan yuk sama mereka.

1. Boenjamin Setiawan

dr Boen sekaligus pemilik kalbe farma. Gambar via twitter.com

RS Mitra Keluarga merupakan salah satu jaringan rumah sakit yang cukup populer, bahkan sudah tersebar di beberapa kota di Tanah Air. Pemiliknya ialah Boenjamin Setiawan atau yang lebih akrab disapa dengan nama dr Boen.

Sosok tersebut pernah beberapa kali tercatat dalam daftar orang terkaya di Indonesia versi Forbes. Rumah sakit Mitra Keluarga yang pertama berawal sejak 1989 silam. Selain menekuni bisnis di bidang fasilitas kesehatan, dr Boen juga pemilik dari Kalbe Farma yang merupakan perusahaan farmasi swasta terbesar di Indonesia.

2. Dato Sri Tahir

Terkenal sebagai salah satu orang terkaya di Indonesia. Gambar via kenangan.com

Tak asing lagi bukan dengan sosok yang satu ini? Ia merupakan pemilik Grup Mayapada yang juga merambah bisnis di bidang kesehatan. Sosoknya mendirikan RS Mayapada yang termasuk jaringan rumah sakit mewah di kawasan Jabodetabek.

Awalnya Mayapada mengakuisisi kepemilikan Honoris Hospital, yakni rumah sakit yang terletak di Modern Land, Tangerang melalui Mayapada Healthcare tahun 2008. Sehingga konglomerasi Mayapada awalnya tak membangun rumah sakit sendiri.

Pihaknya lantas menggandeng National Healthcare Group Singapore yang merupakan pelayanan serta fasilitas kesehatan rumah sakit dengan standar yang hampir serupa dengan sejumlah RS di Singapura. Oleh karena itu, mayoritas pasien di RS Mayapada berasal dari kalangan menengah ke atas.

3. Awaloedin

Potret mewah rumah sakit awal bros. Gambar via halloriau.com

Awaloedin pertama kali membangun rumah sakit di Kota Pekanbaru, Riau pada 1998 silam. Ia merupakan pemilik saham jaringan rumah sakit Awal Bros. Di tahun 2006, dirinya lantas menjalin kerja sama dengan beberapa pihak serta mendirikan rumah sakit baru di Tangerang, Makassar, serta Jakarta.

Di tahun yang sama, Saratoga Investama yang merupakan kepunyaan Sandiaga Uno juga turut menjadi investor di Awal Bros. Hingga ini, jumlah rumah sakit sudah bertambah jadi 15.

4. Mochtar Riady

Memiliki rumah sakit bernama RS Siloam. Gambar via idxchannel.com

Ia merupakan pendiri dari Grup Lippo sekaligus mertua Dato Sri Tahir. Pria dari Malang ini memulai bisnis rumah sakit melalui perantara bendera Siloam Group yang kini telah dikelola sebagai perusahaan terbuka, PT Siloam International Hospitals Tbk.

Awal mula berdirinya, Mochtar Riady menjalin kerja sama dengan Gleneagles yang termasuk perusahaan jaringan rumah sakit di Singapura. Berdasar kesepakatan, keduanya lantas mendirikan RS Gleneagles di area yang dikembangkan oleh perusahaan properti Grup Lippo.

Tetapi belakangan diketahui jika Gleneagles tidak lagi meneruskan kerja sama. Alhasil Mochtar Riady pun melanjutkan bisnis RS yang lalu diubah namanya menjadi RS Siloam.

Nah, itulah beberapa orang kaya pemilik rumah sakit swasta ternama di Indonesia Cakap People. Tentunya bisnis tersebut mereka ambil berdasarkan peluang yang ada di masyarakat.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

PM Jepang Angkat Menteri Kesepian, Ini Tugasnya

Catat, Tahun Ini Pemerintah Pusat Butuh 83.000 PPPK dan CPNS