in

Telegram VS WhatsApp, Mana yang Lebih Aman?

Telegram vs WhatsApp, mana lebih unggul ya?

CakapCakap – WhatsApp merupakan media untuk berkomunikasi yang banyak digunakan. Hal ini tidak lepas dari banyaknya fitur menarik serta kemudahan telah ditawarkan aplikasi chatting ini. Apakah Cakap People salah satu pengguna aplikasi yang diakuisisi Facebook ini?

Meski WhatsApp populer dengan banyak pengguna, tapi ada juga lho Telegram yang menjadi aplikasi chatting saingannya. Dua aplikasi yang memang sekilas memiliki kesamaan fitur ini sebenarnya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Lantas aplikasi mana sih yang lebih aman dan bagus digunakan, Cakap People? Simak dulu ulasan mengenai keduanya sebagai berikut.

Dari segi fitur

Ilustrasi WhatsApp pada hp via tek.id

WhatsApp dan telegram, keduanya bisa digunakan untuk berkirim pesan mulai teks, video dan juga gambar. Telegram sendiri didukung dengan multi perangkat dan tersedia di Android, iOS, Linux dan Windows.

Aplikasi yang satu ini juga menawarkan adanya fitur sinkronisasi cloud di penyimpanan server yang permanen. Saat pengguna memigrasikan perangkat, pengaturan ataupun obrolan telegram, maka pengguna bisa mengunduhnya ke perangkat mereka yang baru.

Beda Telegram, beda pula dengan WhatsApp. Aplikasi yang satu ini mengharuskan para penggunanya dalam melakukan pengaturan cadangan cloud tanpa didukung migrasi dari Android ke iOS yang dilakukan secara manual. Jika WhatsApp memungkinkan anggota grup berjumlah sampai 256 anggota maka Telegram memungkinkan grup dengan 3.000 anggota di dalamnya.

Pada Telegram juga dilengkapi dengan saluran dan juga bot sehingga membuat pengguna bisa membuat ruang untuk obrolan.

Dari segi keamanan

Ilustrasi aplikasi Telegram via teqnoforia.com

Selanjutnya adalah dari segi keamanan. Telegram dikenal dengan adanya kontes crypto-nya. Kontes ini menawarkan hadiah Bitcoin dengan jumlah yang besar bagi siapa saja yang mampu mencegat pesan terenkripsi yang ada di platform.

Sedangkan WhatsApp memiliki enkripsi end to end termasuk juga dalam obrolan pada sebuah grup dengan anggota 256 orang tersebut.

Enkripsi pada WhatsApp memilih standar enkripsi berupa Open Whisper Systems open-source. Sedangkan Telegram memilih untuk menggunkan sistem enkripsi yang tidak sepenuhnya terbuka bagi umum. Meski demikian, Telegram juga menambahkan beberapa fitur privasi yang berguna bagi para penggunanya seperti fitur untuk pencegahan tangkapan layar hingga menghilangnya pesan.

Nah dari beberapa perbedaan tersebut di atas, mana yang membuat Cakap People sangat tertarik untuk menggunakannya? Atau malah kamu sudah gunakan keduanya?

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

5 Perilaku Ini Hanya Akan Menyulitkanmu untuk Cepat Kaya dan Sukses

Taman Nasional Gunung Rinjani Bakal Memisahkan Pendaki Pria dan Wanita yang Belum Menikah