in ,

Tak Sembarangan Gunakan, Begini Cara Tepat Mengolah Minyak Zaitun Menurut Ahli

Dikenal memiliki dampak positif, maka penggunaan minyak zaitun juga harus tepat

CakapCakap – Dalam mengolah minyak zaitun, ada aturannya tersendiri lho! Aturan tersebut sebaiknya dilakukan supaya kandungan dari minyak zaitun tidak rusak. Lantas seperti apa sih langkah pengolahan minyak zaitun yang benar itu, Cakap People?

Untuk mengetahuinya, kamu sebaiknya simak ulasan langkah mengolahnya menurut para ahli berikut.

Dapat dikombinasikan dengan banyak makanan

Ilustrasi minyak zaitun dengan bahan makanan lain via cantika.com

Menurut seorang ahli nutrisi yang berasal dari MesaAcademy, Emilia Achmadi mengatakan jika tak ada jenis makanan yang berinteraksi secara negatif dengan minyak zaitun. Dengan demikian, tak ada batasan makanan yang bisa diolah dengan jenis minyak yang satu ini.

“Tidak ada makanan yang berinteraksi negatif dengan olive oil. Tidak ada batasan. Tetapi ingat, seperti minyak lain ada batasan titik asap. Selama ini tidak dilanggar olive oil aman,” ujar Emilia pada lansiran Tempo.

Tidak digunakan secara berulang kali

Jangan gunakan olive oil berulang kali via intisari.grid.id

Sama seperti jenis minyak lain, minyak zaitun sebaiknya tak digunakan untuk memasak berulang kali. Karena jika dilakukan maka efek buruknya seperti saat kamu menggunakan minyak yang digunakan secara berulang kali. Adapun salah satunya efek buruknya adalah memicu kanker.

“Apapun minyaknya, berkali-kali digunakan tidak bagus. 2 -3 pemakaian lalu buang,” ujar Emilia.

Suhu maksimal penggunaan minyak zaitun

Gunakan minyak zaitun untuk memasak via sahabatnestle.co.id

Untuk langkah pengolahan makanan yang baik, sebaiknya minyak zaitun tidak diolah dengan suhu di atas 170 derajat Celsius atau sampai mencapai titik asap. Hal ini bukan tanpa sebab, melainkan bisa menghilangkan antioksidan yang terkandung di dalamnya.

Minyak zaitun sendiri memiliki kandungan lemak tak jenuh tunggal sebanyak 77 persen. Minyak zaitun juga dikenal sebagai lemak baik lantaran kemampuannya dalam menurunkan lipoprotein densitas rendah, meminimalkan risiko penyakit jantung, kolesterol LDL atau lemak jahat hingga menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada di dalam darah.

Minyak zaitun merupakan salah satu jenis minyak sehat yang secara alami memang sudah bebas kolesterol. Jenis minyak yang satu ini juga tidak mengandung garam hingga bisa menjadi sumber antioksidan yang baik. Hal ini juga yang menjadi alasan kenapa banyak ibu rumah tangga yang kadang lebih suka menggunakan minyak zaitun dibandingkan dengan jenis minyak yang lain. Cakap People pun dapat beralih pada minyak zaitun lho mulai sari sekarang.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Diet Rendah Karbohidrat dengan Diet Atkins, Ini Menu Sarapan yang Bisa Dicoba!