in ,

Harus Cermat, Begini Cara Mengenali Minyak Zaitun Asli dan Palsu

Sekarang sudah mulai marak minyak zaitun palsu

CakapCakap – Saat ini telah banyak minyak zaitun palsu yang tersebar luas di masyarakat lho, cakap People! Harga yang ditawarkan pedangan juga lebih murah karena palsu. Hal ini tentu meresahkan masyarakat apalagi kita tak tahu kandungan apa yang ada di dalam minyak palsu tersebut.

Lantas gimana sih cara membedakan minyak zaitun asli dan palsu tersebut? Simak yuk ulasan lengkapnya berikut!

Dengan cara dicicipi

Minyak olive oil via detik.com

Tak ada salahnya kamu cicipi sedikit kandungan minyak zaitun guna membuktikan keasliannya. Pada umumnya minyak yang satu ini akan memberikan rasa pahit dan juga sedikit pedas untuk yang asli. Jika dirasakan secara lebih dalam lagi, maka akan ada biji bunga matahari yang terdapat di dalam minyak tersebut.

Diaduk

Langkah pengetesan yang selanjutnya adalah dengan cara diaduk. Langkah pertama adalah dengan menyiapkan sendok makan dan juga gelas. Selanjutnya masukkan minyak zaitun ke dalam gelas kaca. Langkah berikutnya adalah dengan meletakkan kedua tangan di bagian penutup gelas dan juga bawah untuk memegang. Selanjutnya adalah dengan cara mengaduknya sampai minyak melepaskan ester yang ada di dalamnya.

Dihirup baunya

Ilustrasi minyak zaitun via harpersbazaar.co.id

Kamu juga bisa mengetesnya dengan cara menghirup aromanya. Caranya adalah dengan menarik nafas lalu hirup aroma yang dikeluarkan dari minyak tersebut. Aroma minyak zaitun yang menyengat adalah petunjuk jika minyak tersebut asli. Meski demikian, langkah pengecekan yang satu ini dirasa cukup sulit untuk dilakukan.

Ditelan

Mengetes minyak zaitun apakah asli atau palsu juga bisa dengan cara ditelan. Jangan terlalu banyak karena hanya dilakukan untuk merasakan saja. Jika memang tak ada rasa yang aneh di mulut dan saat ditelan maka minyak tersebut adalah asli. Namun jika minyak tersebut terasa ada yang aneh di mulit, bisa jadi minyak zaitun yang dijual adalah palsu.

Minyak zaitun merupakan minyak sehat yang digunakan untuk memasak sehingga sebaiknya dipilih dari yang asli. Minyak yang palsu tentu kita tak tahu apa saja yang dicampurkan ke dalamnya bukan? Jadi lebih berhati-hati sebelum melakukan pembelian ya, Cakap People!

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Mitos dan Fakta Seputar Serangan Jantung yang Harus Dipahami

Digunakan Selama Kurun Waktu 2 Abad, Peran Stetoskop Terancam Perangkat Medis Canggih