in

Stres Lantaran Terlilit Utang? Ini Cara Meredakannya!

CakapCakap – Dalam hidup ini uang memang sangat diperlukan. Sebab, kebutuhan hidup makin hari kian bertambah saja. Terlebih saat Cakap People sudah berkeluarga. Maka seolah berapa pun uang yang ada seperti tak pernah cukup. Oleh karena itulah, ada yang namanya utang-piutang. Di mana banyak orang yang memilih untuk berutang guna menyambung hidup.

Namun, tahukah kamu jika terlalu banyak terlilit utang juga bisa menyebabkan seseorang mengalami stres? Bahkan saking stresnya, seseorang dapat berujung pada perceraian hingga masalah kesehatan. Lantas, bagaimana meredakan stres yang muncul akibat lilitan utang? Berikut cara yang bisa kamu lakukan!

1. Pahami efek berutang

Dampak negatif utang via Catatanmini.com

Utang bukanlah suatu tindakan yang memberikan dampak lega pada pelakunya. Seringkali utang akan menimbulkan rasa stres hingga depresi. Oleh karena itu, kendalikan diri kamu untuk tak menghamburkan uang yang sebenarnya bukan milikmu.

2. Kredit adalah bentuk kebebasan yang salah

Tindakan gali lubang tutup lubang via Wakafdt.org

Mereka yang memiliki utang umumnya akan berutang pada orang lain guna menutupi utangnya yang lain. Sehingga, dengan kata lain mereka melakukan tindakan gali lubang tutup lubang. Tentu ini memberikan stres yang berkepanjangan. Jadi, ada baiknya jika kamu menghindari perilaku tersebut.

3. Berhenti menggelontorkan uang untuk hal yang dibutuhkan

Belanja seperlunya saja via Blog.e-mas.com

Terkadang, nafsu ingin belanja membuat kita di luar kendali. Aneka barang mahal hingga yang tak dibutuhkan dibeli begitu saja. Oleh karena itu, kamu harus mengubah kebiasaan tersebut. Sebelum membeli barang, ada baiknya telaah terlebih dahulu apakah barang tersebut benar-benar dibutuhkan atau tidak. Apabila hanya keinginan semata, urungkan niat untuk membelinya.

4. Hindari untuk belanja guna menghibur diri

Belanja sebagai media hiburan via Lifestyle.kompas.com

Umumnya, di kala seseorang merasa sedih atau kesepian maka mereka akan melakukan aktivitas belanja. Bahkan, barang belanjaan yang dibeli tak tanggung-tanggung harganya. Memang, efek dari belanja bisa memberikan ketenangan bagi kamu. Namun, akan memicu kadar stres untuk melonjak lagi nantinya.

5. Bisa mengendalikan diri

Kontrol diri dalam menggunakan yang via Iyakan.com

Ujian kontrol diri yang sebenarnya terletak pada saat kamu memiliki uang. Coba buatlah daftar belanjaan yang benar-benar kamu butuhkan. Stop berbelanja di luar daftar. Kontrol diri ini sangat kamu perlukan supaya tak terus-menerus menghabiskan uang dan berutang melulu.

Cakap People, sebaiknya tak perlu berutang apabila tak benar-benar kepepet atau dibutuhkan. Sebab, ketika kamu memilih untuk berutang maka kamu akan memiliki tanggungan untuk membayarnya. Selain itu, pasti juga terdapat beban bunga yang diberikan pada si peminjam. Jadi, bukannya hari-hari tambah mudah dengan berutang kamu malah akan jadi semakin sulit menjalani hidup ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Ingin Jadi Orang Hoki? Ini Benda yang Wajib Disimpan di Rumah Menurut Feng Shui!

Simak yuk! Begini Cara Mudah Rawat Mobil Antik Agar Tetap Awet