in ,

Simak! Begini Sejarah Perkembangan Ayam Goreng dari Awal Diciptakan

CakapCakap – Cakap People pasti familiar dengan makanan ayam goreng. Daging ayang yang cara penyajiannya dengan cara digoreng dengan minyak ini memang sudah menjadi masakan umum di seluruh penjuru dunia. Dengan rasa daging yang gurih dan beberapa inovasi dalam penyajiannya, tak ada yang bisa menolak enaknya ayam goreng. Tapi bagaimana sebenarnya menu ayam goreng ini terkenal hingga seluruh dunia? Ini dia runtutan sejarahnya.

Menu olahan ayam via https://selerasa.com/resep-dan-cara-membuat-ayam-goreng-renyah-yang-empuk-lezat-dan-enak

1. Berawal dari Skotlandia dan Mesir kuno

Memang tidak ada sejarah yang benar-benar mencatatkan diri sebagai penemu menu ayam goreng hingga berkembang ke seluruh penjuru dunia. Tapi para sejarawan percaya jika bangsa Skotlandia dan Mesir kuno memiliki andil besar dalam penciptaannya. Sekitar tahun 7500 hingga 5000 sebelum Masehi, daging ayam diolah dengan cara direbus seperti yang berkembang di China, Timur Tengah, dan Afrika Barat. Kemudian melalui penemuan gambar yang ada di kuburan Fir’aun, diketahui budak pembuat Piramida diberi makan daging ayam.

Penyebaran ayam goreng beralih ke Yunani dan Mediterania. Lalu orang-orang Skotlandia membawa ayam goreng ini ke Amerika Serikat dan pergeseran menu yang tadinya ayam panggang dari Inggris perlahan bergeser menjadi ayam goreng dari Skotlandia ini.

2. Resep Ayam goreng pertama di Amerika Serikat

Diketahui jika resep ayam goreng berkembang di Amerika Serikat melalui buku berjudul The Virginia Housewife or Methodical Cook yang dipublikasikan pada tahun 1825 oleh Mary Randolph. Dalam buku ini, penyajian ayam goreng ini dilakuakan dengan cara memasukkan ayam ke dalam tepung dan menaburkan garam lalu digoreng dengan potongan lemak babi.

3. Ayam goreng untuk golongan tertentu

Perkembangan ayam goreng ini menjurus pada penggolongan terhadap kelompok tertentu seperti Budak dari Afrika Selatan yang dilarang memiliki babi dan hewan lainnya kecuali ayam. Menu ayam goreng ini juga diidentikkan sebagai makanan dari ras kulit hitam sehingga pada abad ke-19 banyak yang mencibir jika orang negro akan mati jika dipisahkan dari ayam goreng. Fakta lain wanita Afrika Amerika pada perang sipil sering menjual ayam goreng dan makanan lain di Gordonsville Virginia sehingga kota ini dikenal sebagai ibukota ayam goreng di dunia.

4. KFC pelopor ayam krispi

Ayam goreng KFC via https://today.line.me/id/pc/article/KFC+Jepang+Bikin+Ayam+Goreng+Nir+Bau+buat+Dibawa+ke+Angkutan+Umum-KQqeDg

Cakap People tentu tak asing dengan ayam tepung krispi khas Kentucky Fried Chicken yang fenomenal di seluruh dunia. Sang pelopor Harland Sanders adalah penjual ban dan pemilik pom bensin. Pada tahun 1939, ayam goreng krispi ini dijual di restoran Corbin, Kentucky, tapi gagal dan sepi peminat. Namun di usia 65 tahun, dia menjual lagi resep ayam goreng ini dengan nama Kentucky Fried Chicken dan sukses. Tercatat pada tahun 1964, sudah ada 600 cabang Kentucky Fried Chicken.

Setelah mengetahui perjalanan sejarah ayam goreng hingga saat ini, Cakap People penyuka ayam goreng jadi semakin lahap kan makannya? [ED/YN]

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Pulau Montecristo, Wisata di Italia yang Sulit Dikunjungi

Ini Tanda jika Cintamu Bertepuk Sebelah Tangan!