in

Siaga! Sungai di Pangkep Menjadi Rawan Limbah Ayam Potong

Lurah Mappasaile Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan,  yaitu Bapak Wahid Perdana Putra, menjadi fasilitator antara Dinas Kebersihan Pangkep dengan para pengusaha ayam potong di daerah tersebut. Mediasi yang dilakukan adalah mengingat adanya pencemaran Sungai Pangkajene yang disebabkan oleh limbah ternak ayam potong. Sebelumnya, beliau mendatangi para pengusaha ayam potong setelah mendapatkan laporan masyarakat tentang pembuangan kotoran ayam di sungai.

Ternak Ayam Potong di Pangkep sebabkan Limbah di Sungai via Internet.

Lurah bersama dengan Babinsa dan Babinkantibmas telah mendatangi dan memeriksa para pengusaha ayam potong, dan mereka sudah mengakui akan tindakan pembuangan kotoran ayam ke sungai, seperti yang telah dilaporkan oleh masyarakat. Keputusan yang akhirnya diambil adalah kerjasama yang akhirnya terjalin antara para pengusaha ayam potong di Pangkep, dengan Dinas Kebersihan Pangkep. Petugas Dinas Kebersihan akan melakukan pengambilan limbah kotoran ternak ayam potong dari setiap pengusaha setiap harinya. Dengan adanya tindakan tersebut, sudah tidak akan ada lagi pembuangan limbah ke Sungai Pangkajene.

Mulai akhir Juni lalu, petugas dari Dinas Kebersihan akan berkeliling ke peternak ayam potong setiap pukul 17:00 WITA. Sebagai biaya jasa Dinas Kebersihan, pengusaha ternak ayam potong harus membayar Rp. 150 ribu, sesuai kesepakatan yang telah telah diambil dalam mediasi tersebut.

Sidak Dinas ke Pengusaha Ayam Potong di Pangkep via Tribun News.

Pembuangan limbah yang sering dilakukan oleh para peternak adalah berupa bulu ayam, dan juga bangkai ayam yang sudah mati di kandang. Mereka biasanya akan langsung membuang ke Sungai Pangkajene, sungai yang ada di area tersebut. Kejadian diketahui publik dan muncul dipermukaan karena ada seorang warga yang mengunggah informasi tersebut di akun Facebook. Dia mengkritik para pengusaha ayam potong yang membuang limbah tersebut di sungai, dan akhirnya menghasilkan bau busuk yang sangat menyengat. [ED/RM]

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

One Ping

  1. Pingback:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Sering Menggunakan Wi-Fi? Waspadai 7 Bahaya Wi-Fi Untuk Kesehatan

Beda! Semaraknya Euforia Nonton Piala Dunia 2018 di TSM Makassar