in ,

Sering Memangku Laptop? Ini 3 Bahaya yang Mengintaimu!

CakapCakap – Laptop termasuk salah satu perangkat elektronik yang kebutuhannya sangat vital. Sebab, mulai dari anak sekolahan hingga pekerja kantoran begitu tergantung pada laptop. Hal ini dikarenakan laptop dapat digunakan untuk mengerjakan tugas-tugas sekolah, kuliah hingga perihal pekerjaan. Oleh karena itu, pasti Cakap People akan sering mengoperasikan laptop di mana saja. Salah satunya saat sedang berada di rumah.

Alhasil, berbekal dari kebiasaan tersebut maka seseorang cenderung akan nyaman dengan beberapa cara meletakkan laptop. Salah satunya dengan cara memangku si benda elektronik tersebut. Padahal, memangku laptop memiliki dampak yang kurang baik lho! Apa saja dampaknya? Berikut penjelasannya!

1. Berisiko membunuh sel sperma

Risiko memangku laptop via Nakita.grid.id

Menurut artikel tercatat dalam jurnal Human Reproduction tahun 2005 yang meneliti perihal kaitan panas laptop dengan jumlah sel sperma memberikan hasil mengejutkan. Di mana ternyata panas laptop bisa memberikan kesan hangat pada sperma pria untuk tidak aktif lagi. Keadaan tersebut dikenal dengan nama hipertemia skrotum. Alhasil kondisi tersebut dapat menjadi momok yang terbilang menakutkan. Apalagi laptop sangat vital fungsinya bagi para pria muda yang usianya masih produktif. Jika awalnya hal ini hanya dianggap sebagai mitos belaka, maka sebaiknya kamu menghentikan kepercayaan tersebut. Sebab, ini adalah fakta yang dapat berdampak buruk terhadap kesuburan kamu!

2. Menyebabkan masalah di sekitar area leher, pundak hingga punggung

Nyeri punggung akibat salah duduk saat menggunakan laptop via Suherlin.com

Umumnya, orang cenderung menempatkan laptop tak sesuai posisi yang dianjurkan, seperti di atas meja atau tempat khusus komputer. Kebiasaan tersebut akhirnya berpengaruh kepada posisi kamu duduk. Apalagi jika laptop diletakkan pada meja kecil, lantai atau bahkan di pangkuan. Hal tersebut akan mengganggu leher hingga punggung kamu.

Bahkan, cara membawa laptop yang salah pun dapat berisiko serupa. Misalnya saja membawa laptop dalam tas selempang sehingga hanya bertumpu pada satu sisi pundak saja. Oleh karena itu, kamu dianjurkan untuk membawa laptop menggunakan tas ransel dengan tali lebar dan stabilitas tinggi. Apalagi bagi anak-anak yang masih dalam fase tumbuh kembang.

3. Mengganggu kulit

Kulit terpanggang akibat memangku laptop terlalu sering via Zetizen.com

Ketika kamu memangku laptop, maka rasa hangat akan diperoleh lantaran di bagian ventilasi keluar hawa panas. Ternyata, hal tersebut berdampak buruk bagi kamu. Menurut studi yang termuat dalam jurnal Pediatrics menyajikan kasus tentang seorang anak usia 12 tahun dengan keadaan kulit berwarna agak kecokelatan. Bahkan timbul bintik-bintik serta rasanya cukup sakit.

Ternyata, itu merupakan gejala dari erythema abigne atau sebuah sindrom dari kulit yang terpanggang akibat memangku laptop dalam jangka waktu panjang. Selain kasus anak berusia 12 tahun tersebut, tercatat pula kasus lain yang juga dilaporkan. Namun, kemungkinan terdapat kasus serupa tetapi tak dilaporkan.

Sudah paham Cakap People perihal masalah kesehatan yang mungkin bisa disebabkan oleh kebiasaan memangku laptop? Walaupun sering tak disadari, namun nyatanya kebiasaan tersebut banyak dilakukan. Oleh karena itu, hindari memangku laptop agar 3 bahaya di atas tidak mengincar kamu!

One Ping

  1. Pingback:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Diet Selalu Gagal? Coba Program Diet Berdasarkan Golongan Darah Berikut!

Disney Akan Rilis Live-Action Lilo & Stitch, Bakal Seperti Apa?