in ,

Sering Diabaikan, Ini 5 Tanda Usus Sedang Tidak Sehat

Kesehatan usus adalah bagian penting yang perlu diperhatikan

CakapCakapCakap People! Apa saja tanda yang perlu diketahui jika usus kita sedang tidak sehat? Kesehatan usus adalah bagian penting yang perlu diperhatikan demi menjalani hidup yang sehat. Jika tubuh kamu tidak mencerna makanan dengan baik, kemungkinan akan berakibat pada kesehatan usus.

Untuk itu, sangat penting dalam mengontrol makanan dan minuman yang kamu konsumsi setiap hari. Kamu juga bisa meningkatkan kesehatan usus melalui kebiasaan sehat, seperti berjalan kaki 10 ribu langkah sehari atau minum 3 liter air setiap hari.

Nah, untuk mewujudkan gaya hidup yang lebih sehat, mari kenali tanda-tanda usus kamu sedang tidak sehat.

Perubahan Berat Badan

Sering Diabaikan, Ini 5 Tanda Usus Sedang Tidak Sehat
Ilustrasi

Dilansir dari Your Tango, tanda yang pertama adalah perubahan berat badan yang tidak seimbang. Kondisi usus yang tidak sehat bisa memicu penurunan maupun penambahan berat badan. Ini karena usus sulit menyerap nutrisi dari makanan dan minuman yang kamu konsumsi.

Sebuah studi menyatakan bahwa penambahan atau penurunan berat badan juga dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri berbahaya yang berlebihan dan mengurangi nutrisi yang diserap usus.

Kurang Tidur

Ilustrasi

Usus yang tidak sehat juga bisa menyebabkan gangguan tidur. Sebuah penelitian memaparkan bahwa hormon yang mempengaruhi tidur dan suasana hati diproduksi di usus. Karena itu, jika kondisi usus kotor, ini bisa mengganggu kualitas tidur kamu.

Sementara kurang tidur bisa memicu lebih banyak masalah kesehatan lainnya. Lebih lanjut, kamu perlu memperhatikan waktu tidur minimal 7-9 jam setiap hari untuk memulihkan energi tubuh.

Kelelahan Kronis

Ilustrasi

Seperti yang dibahas di poin sebelumnya, usus yang kotor bisa menyebabkan gangguan tidur dan berakibat pada kelelahan kronis. Jika kamu mengalami kelelahan kronis, bisa jadi kondisi usus kamu sangat kotor.

Sementara usus yang kotor akan kesulitan menyerap nutrisi dari makanan. Nah, ketidakseimbangan bakteri sehat di usus akibat kekurangan nutrisi ini akan membuat kamu merasa lelah sepanjang waktu.

Cenderung Ingin Makan Makanan Manis

Sering Diabaikan, Ini 5 Tanda Usus Sedang Tidak Sehat
Ilustrasi

Mengonsumsi banyak gula bisa menyebabkan peningkatan bakteri berbahaya di usus. Gula bisa menyebabkan peradangan pada tubuh sehingga memicu masalah kesehatan lainnya.

Jika kamu terlalu sering menginginkan makan makanan manis, kemungkinan ada banyak bakteri berbahaya di usus. Karena itu, cobalah untuk menghindari gula rafinasi sebanyak yang kamu bisa dan makan lebih banyak buah sebagai sumber gula alami dalam jumlah sedang.

Perut Terasa Tidak Enak

Ilustrasi

Cakap People! Perut yang tidak enak juga menjadi indikator umum dari usus yang tidak sehat. Jika kamu sering mengalami masalah pencernaan, seperti sembelit, diare, atau kembung, sebaiknya kamu memeriksa kesehatan usus kamu. Pasalnya, kondisi perut yang sehat akan cepat membuang limbah tanpa menimbulkan rasa tidak nyaman.

SUMBER ARTIKEL

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Kapan Waktu Terbaik untuk Memulai Sarapan? Ini Kata Penelitian

Kapan Waktu Terbaik untuk Memulai Sarapan? Ini Kata Penelitian

Anak-anak Tak Boleh Gunakan Perawatan Kulit untuk Dewasa, Ini Alasannya!

Anak-anak Tak Boleh Gunakan Perawatan Kulit untuk Dewasa, Ini Alasannya!