in ,

Kapan Waktu Terbaik untuk Memulai Sarapan? Ini Kata Penelitian

Banyak penelitian yang mendukung pentingnya sarapan

CakapCakapCakap People! Kapan waktu terbaik untuk kita memulai sarapan? Sarapan sering disebut sebagai “makanan terpenting dalam sehari,” dan memang banyak penelitian yang mendukung pentingnya sarapan untuk kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan.

Namun, kapan waktu terbaik untuk memulai sarapan agar mendapatkan manfaat optimal?

Pentingnya Sarapan

Kapan Waktu Terbaik untuk Memulai Sarapan? Ini Kata Penelitian
Ilustrasi

Sarapan membantu memulai metabolisme, menyediakan energi untuk aktivitas sehari-hari, dan dapat membantu dalam pengendalian berat badan. Dilansir dari ASDA Good Living, menurut American Heart Association, sarapan yang sehat dapat meningkatkan konsentrasi, performa fisik, dan mood sepanjang hari.

Waktu Ideal untuk Sarapan

Penelitian menunjukkan bahwa waktu ideal untuk sarapan adalah dalam satu hingga dua jam setelah bangun tidur. Ini membantu memaksimalkan metabolisme tubuh dan menjaga kestabilan gula darah.

Melansir sebuah studi dari Harvard Medical School menunjukkan bahwa orang yang sarapan dalam waktu ini memiliki kadar gula darah dan insulin yang lebih stabil sepanjang hari dibandingkan dengan mereka yang melewatkan sarapan atau sarapan terlalu larut .

Pengaruh Sarapan Terhadap Berat Badan

Sarapan yang sehat dan tepat waktu juga berkaitan dengan pengendalian berat badan. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di Journal of Nutrition, orang yang sarapan lebih awal cenderung memiliki berat badan yang lebih sehat dibandingkan dengan mereka yang sarapan terlambat atau melewatkan sarapan sama sekali.

Penelitian ini juga menunjukkan bahwa sarapan yang terdiri dari protein tinggi dapat membantu mengurangi nafsu makan dan asupan kalori sepanjang hari .

Hubungan dengan Ritme Sirkadian

Sarapan tepat waktu juga membantu menjaga ritme sirkadian, atau jam biologis tubuh. Ritme sirkadian mengatur berbagai fungsi tubuh termasuk metabolisme, tidur, dan produksi hormon.

Sarapan dalam satu hingga dua jam setelah bangun tidur membantu menyinkronkan ritme sirkadian, yang pada gilirannya meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Pengaruh Terhadap Fungsi Kognitif

Sarapan yang tepat waktu dan sehat juga berdampak positif pada fungsi kognitif. Sebuah studi yang diterbitkan di Frontiers in Human Neuroscience menemukan bahwa anak-anak dan orang dewasa yang sarapan secara teratur memiliki performa kognitif yang lebih baik, termasuk memori, perhatian, dan kemampuan pemecahan masalah.

Tips untuk Sarapan Sehat

– Pilih Makanan yang Seimbang

Kombinasikan karbohidrat kompleks, protein, dan lemak sehat untuk energi yang berkelanjutan.

– Jangan Lewatkan Sarapan

Usahakan untuk tidak melewatkan sarapan, karena dapat mengganggu metabolisme dan keseimbangan energi.

– Hindari Gula Berlebih

Batasi konsumsi makanan yang tinggi gula untuk menghindari lonjakan dan penurunan gula darah yang drastis.

Kesimpulan

Untuk memaksimalkan manfaat kesehatan, disarankan untuk memulai sarapan dalam satu hingga dua jam setelah bangun tidur. Sarapan yang sehat dapat meningkatkan metabolisme, membantu pengendalian berat badan, menjaga ritme sirkadian, dan meningkatkan fungsi kognitif.

SUMBER ARTIKEL

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Badan Terasa Kaku dan Nyeri Setelah Bangun Tidur? 7 Tips Ini Patut Kamu COba!

Badan Terasa Kaku dan Nyeri Setelah Bangun Tidur? 7 Tips Ini Patut Kamu COba!

Sering Diabaikan, Ini 5 Tanda Usus Sedang Tidak Sehat

Sering Diabaikan, Ini 5 Tanda Usus Sedang Tidak Sehat