in ,

Sederet Madu Mujarab Asli Indonesia Dengan Segudang Manfaat

Madu bermanfaat buat kesehatan tubuh dan kulit loh.

CakapCakap Cakap People! Tidak hanya madu produksi luar negeri yang punya kualitas bagus. Indonesia juga punya beragam jenis madu asli yang manfaatnya benar-benar segudang untuk kesehatan tubuh dan kulit. Pastinya, punya kualitas yang tidak kalah bagus. Yuk, simak deretan jenis madu asli Indonesia yang perlu kamu tahu!

Madu Kopi

Madu Kopi Nusantara via Tokopedia
https://ecs7.tokopedia.net/img/cache/700/product-1/2018/4/28/3159540/3159540_1214c643-c343-4ba2-a58d-cdf7c000d02c_600_800.jpg

Eits… Jangan salah ya Cakap People,  ini bukan madu dicampur dengan kopi kok. Madu kopi ini merupakan madu yang berasal dari bunga kopi. Lebah madu menghisap bunga yang terdapat pada tanaman kopi.

Dari semua jenis madu yang dipasarkan di Indonesia, hanya madu kopi yang kabarnya memiliki aroma khas dengan rasa yang nikmat. Kegunaannya beragam, mulai dari untuk bahan masakan hingga minuman. Diminum begitu saja juga tidak kalah enak, pastinya.

Madu Hutan Sumatera

Madu Hutan Sumatera via Bukalapak
https://s4.bukalapak.com/img/9345958601/w-1000/Madu_Hutan_Sumatera.jpg

Madu hutan adalah salah satu jenis madu yang paling populer di antara seluruh jenis madu hutan. Kepopularitasan madu ini tak perlu diragukan lagi karena manfaatnya untuk kesehatan, mulai dari sebagai antibiotik, antibakteri, hingga antiseptik.

Tak hanya itu, madu hutan juga banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia untuk menjaga daya tahan tubuh atau proses pemulihan dari suatu penyakit. Ini karena madu memiliki kandungan anti-bakteri sehingga mampu menangkal bakteri jahat dalam tubuh.

Madu Hutan Sumbawa

Madu Sumbawa via Indotrading
https://image1ws.indotrading.com/s3/productimages/co17922/p103412/madu-sumbawa-asli-157761.jpg

Selain ada madu hutan Sumatera, daerah lain juga memiliki jenis madu yang tak kalah populer dan nikmat untuk kamu coba, salah satunya Sumbawa. Daerah ini memiliki sarang lebah liar yang menghasilkan madu hutan Sumbawa.

Lebah penghasil madu Sumbawa tersebut pada umumnya berasal dari pohon bidara atau ziziphus mauritiana. Madu ini memiliki kadar air yang lebih rendah dibanding madu lain karena daerah Sumbawa termasuk daerah yang memiliki iklim yang cukup panas dan kering.

Madu Rambutan

Madu Rambutan via Pinterest
https://i.pinimg.com/originals/6f/7a/e6/6f7ae6a0407aadad970a8162477dde39.jpg

Sama seperti namanya, madu ini diternakkan di sekitar perkebunan rambutan. Karena diternakkan di perkebunan rambutan, aroma serta rasanya sedikit mirip dengan buah rambutan, Ladies. Menurut masyarakat yang sudah pernah merasakan madu ini, rasanya tidak terlalu manis. Warnanya pun lebih kuning namun tidak keruh.

Walaupun rasanya tak semanis madu hutan, madu rambutan ini diburu oleh konsumennya karena memiliki khasiat yang luar biasa. Beberapa manfaat dari madu rambutan ini sendiri adalah meningkatkan fungsi kerja otak, mengoptimalkan kinerja ginjal, melancarkan urine, mengatasi sakit pinggang, dan masih banyak lagi

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Asyik! Sekuel Transformers: The Last Knight Sedang Digarap

Tempat Wisata di Jepang yang Wajib Kamu Kunjungi di Musim Panas