in ,

Sariawan Jangan Dianggap Remeh, Obati dengan Bahan Herbal Ini!

CakapCakap – Kesehatan merupakan suatu hal yang wajib kita jaga Cakap People. Sebab, dengan tubuh yang sehat maka kita bisa lebih mudah dalam beraktivitas dan menjalani hari. Penyakit sekecil apapun tetap akan mengganggu jalannya aktivitas harian. Salah satunya adalah penyakit sariawan.

Jenis penyakit ini terbilang kecil namun cukup membandel. Sariawan yang tak kunjung sembuh bisa berdampak pada penurunan nafsu makan. Bahkan, kamu jadi kurang semangat dan membuat tak nyaman. Oleh karena itu, jika sariawan melanda maka bisa diobati segera dengan bahan herbal berikut. Apalagi jika bukan lidah buaya! Lantas, bagaimana cara mengaplikasikannya? Ini dia caranya!

Penyebab sariawan

Penyebab munculnya sariawan di area mulut via Alineasatu.com

Sariawan sering disebut sebagai canker sores, aphthous ulcer, mouth ulcer hingga aphthous stomatitis. Penyakit berikut ini biasa menempel pada bagian jaringan lunak di mulut, sekitar area rongga mulut, bawah lidah, hingga dasar gusi. Meskipun bukan termasuk penyakit yang menular, namun sariawan dapat muncul hingga lebih dari satu. Jadi, sudah pasti penyakit ini cukup mengganggu. Umumnya, sariawan disebabkan oleh kurangnya vitamin B12 atau asam folat, daya tahan tubuh yang menurun, hingga terjangkit oleh virus serta bakteri tertentu. Bahkan, terkadang perubahan hormon seperti hamil atau ketika menstruasi pun bisa memicu sariawan.

Obati dengan lidah buaya

Gel lidah buaya mengobati sariawan via Hellosehat.com

Bukan rahasia lagi jika lidah buaya termasuk tanaman obat yang cukup ampuh. Kamu dapat menggunakan lidah buaya sebagai obat untuk sariawan. Caranya mudah, yakni dengan menempelkan gel lidah buaya ke bagian mulut yang sedang terjangkit sariawan. Tunggu hingga 5 menit. Kamu dianjurkan untuk rutin melakukan perawatan tersebut sampai 2-3 kali dalam satu hari. Lakukan terus hingga kurang lebih 1 minggu.

Mengapa harus lidah buaya? Sebab, tanaman herbal berikut ini memiliki kandungan gel yang bersifat dingin. Sehingga dipercaya dapat membantu mengurangi aktivitas peradangan di area mulut dan lidah. Efek dingin yang diberikan oleh gel lidah buaya ini pun akan menjadikan area mulut yang terkena sariawan lebih terasa sejuk.

Selain berguna sebagai obat sariawan, lidah buaya juga dapat Cakap People manfaatkan untuk obat lain. Seperti jika terkena luka bakar akibat knalpot atau air panas. Jadi, kamu bisa menanam lidah buaya di depan rumah untuk berjaga-jaga jika sewaktu-waktu memerlukannya. Tak hanya lidah buaya, bahan herbal lain yang dipercaya bisa mengusir sariawan ialah air garam, kelapa, kantong teh hingga es batu.

One Ping

  1. Pingback:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Keren! Indonesia Masuk 10 Besar Negara Terbaik untuk Dikunjungi

Inilah Fakta Dibalik Foto Tak Senyum Jaman Dulu