in ,

Rem Tiba-tiba Blong? Jangan Panik, Segera Lakukan Ini!

Lakukan ini jika rem blong

CakapCakap –  Rem merupakan salah satu komponen dalam kendaraan yang memegang fungsi cukup vital. Apabila rem tiba-tiba mengalami kegagalan fungsi atau sering disebut dengan rem blong maka bisa menjadi kesalahan yang fatal. Sebab rem blong dapat menjadi alasan kecelakaan di jalan raya. Oleh karena itu Cakap People wajib berhati-hati.

Kamu harus rutin mengecek bagian minyak rem sebelum menempuh perjalanan. Lalu cobalah mengecek bagian pedal rem di kala mesin mobil dimatikan. Guna melindungi diri maka pakailah sabuk pengaman. Lalu bagaimana jika ternyata rem blong? Tak perlu terburu-buru untuk panik, cobalah ikuti langkah berikut ini!

1. Kurangi gigi dengan berkala dan kendalikan pakai rem tangan

Turunkan gigi secara berkala via Intersport.id

Hal pertama yang perlu kamu lakukan ialah jangan panik. Sebab rasa panik tidak akan bisa membuat kamu berpikir dengan logis. Dibanding panik berlebih, maka cobalah untuk berangsur-angsur menurunkan gigi dengan cukup cepat. Mulai dari 5 ke 4, 3, 2 hingga 1 apabila memakai transmisi manual. Namun jika menggunakan mobil matik maka kurangi gas. Selain itu, kamu juga wajib mengendalikan mobil dengan rem tangan hingga kendaraan roda 4 tersebut benar-benar berhenti.

Lalu arahkan kendaraan yang kamu tunggangi ke arah jalur yang lambat. Apabila kamu sulit mengendalikan mobil, maka berikan kode pada orang di sekitar. Misalnya saja dengan membunyikan klakson, melambaikan tangan, berteriak hingga mengedipkan hazard. Hal tersebut sebagai tanda peringatan pada orang-orang di sekitar.

2. Pilih objek yang minim risiko jika harus menabrak

Bunyikan klakson sebagai tanda peringatan via Ototis.com

Ketika rem blong, maka tentu saja rasa panik tak akan bisa ditepiskan. Namun usai kamu melakukan segala cara untuk menghentikan atau mengendalikan kendaraan tetapi tak kunjung berhenti maka terpaksa dirimu harus menabrak sesuatu. Nah, sebaiknya pilih objek yang benar-benar aman serta dapat mengahalau benturan. Seperti gundukan tanah, pasir atau pohon. Kemudian mintalah bantuan pada penduduk sekitar.

Kejadian rem blong memang tidak ingin diharapkan oleh hampir semua orang. Guna mencegah hal tersebut maka lebih baik apabila Cakap People melakukan pengecekan pada kendaraan sebelum digunakan. Hal ini untuk mengantisipasi kejadian yang tak diinginkan.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Aneka Manfaat Jus Mangga Bagi Kesehatan, Salah Satunya Bisa Cegah Kanker!

Sudahkah Kamu Menemukan ‘Jodoh’? Bagaimana Pola Pikir Tentang Takdir Memengaruhi Hubungan dengan Pasangan Kita?