in ,

Punya Sakit Maag Ingin Tetap Puasa? Ini Tips Buatmu Agar Bebas Nyeri

CakapCakap – Buat Cakap People yang menderita sakit maag, pola makan merupakan hal yang wajib untuk diperhatikan. Kamu juga tidak boleh telat makan agar maag yang kamu derita tidak kambuh. Namun bagaimana jika kamu telah memasuki bulan Ramadhan dan harus menjalani puasa?

Tenang, kamu tetap bisa menjalankan ibadahmu dengan lancar kok. Caranya dengan menerapkan rentetan tips berikut ini.

1. Selalu makan saat waktu sahur tiba

Makan sahur via antaranews.com

Tips yang pertama adalah untuk selalu makan saat waktunya sahur. Kamu tentu tahu jika makan sahur merupakan bekal bagi lambungmu selama belasan jam kedepan hingga waktunya berbuka nanti. Selain itu, kamu juga harus tahu jika makan sahur merupakan sunah yang bisa membuatmu dapat pahala lho!

2. Pilih jenis makanan yang sehat dan hindari pantangannya

Ilustrasi makanan via nicepik.com

Kamu harus tahu jika ada banyak makanan sehat yang bagus dikonsumsi bagi penderita maag. Beberapa makanan tersebut antara lain adalah almond, kurma dan pisang. Selain itu, kamu juga harus tahu jika karbohidrat merupakan asupan yang tepat bagi penderita maag, jenis asupan ini merupakan asupan yang akan dicerna lambat oleh lambung.

Sama seperti bulan-bulan sebelumnya, penderit maag sebaiknya memperhatikan pantangan makanannya. Kamu sebaiknya tidak mengonsumsi makanan yang terlalu asam, terlalu berminyak atau bahkan terlalu pedas. Hindari juga jenis makanan yang mengandung kafein tinggi di dalamnya ya. Jangan sampai kamu nekat makan jenis asupan yang tidak baik ya.

3. Konsumsi obat maag untuk maag kronis

Ilustrasi minum obat via glitzmedia.co

Jika diperlukan, kamu juga bisa mengonsumsi obat maag. Kamu bisa berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter jika maag yang kamu derita merupakan jenis maag yang kronis.

4. Jangan menunda berbuka

Ilustrasi sakit maag via hellosehat.com

Selain tips di atas, kamu juga sebaiknya tidak menunda-nunda waktu untuk berbuka ya. Karena jika ditunda, bisa jadi lambung kamu bakalan semakin perih lantaran sudah belasan jam tidak terisi makanan.

Bagi kamu yang disarankan oleh dokter untuk tidak berpuasa lantaran maagnya cukup kronis, maka sebaiknya tak memaksakan diri ya. Cakap People bisa mengganti puasa dengan membayar fidyah atau jika mampu bisa menggantinya nanti di luar bulan Ramadhan.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Ducati Rilis Skuter Listrik Bernama Cux, Ini Penampilannya!

KPU: Pasangan Jokowi-Ma’ruf Unggul dengan 55,50%