in ,

Punya Hb Rendah? Begini Cara Menaikkannya Melalui Makanan!

CakapCakap – Apa Cakap People tahu yang dimaksud dengan hemoglobin? Hb atau hemoglobin merupakan protein yang biasa dijumpai di dalam sel darah merah. Dalam sel itulah oksigen yang dibutuhkan oleh tubuh akan diangkut, sedangkan hemoglobin berperan sebagai pengikat. Oksigen lantas diangkut lalu diedarkan ke masing-masing sel tubuh yang membutuhkannya.

Saat kadar Hb atau hemoglobin kamu rendah maka fungsi yang disebutkan tersebut akan terganggu. Oleh karena itu, masalah tersebut harus segera diatasi. Kamu bisa menaikkan Hb dalam tubuh dengan mengonsumsi makanan tertentu. Apa saja? Simak ulasannya berikut ini!

1. Jenis makanan tinggi vitamin C & beta-keroten

Mengandung beta-karoten via Celoteherris.com

Ada yang tahu apa saja makanan yang mengandung vitamin C cukup tinggi? Ia adalah jambu biji, jeruk, kiwi, sayuran hijau, hingga stroberi dan pepaya. Bahkan masih ada lagi makanan yang merupakan sumber vitamin C. Tak hanya vitamin C saja, sebab tubuh juga membutuhkan peran dari beta-karoten serta vitamin A. Nutrisi tersebut bisa kamu jumpai di beberapa jenis makanan hewani, sebut saja hati dan ikan. Sementara beta-karoten bisa kamu jumpai di aneka buah dan sayur yang identik dengan warna cerah. Sebut saja merah, oranye, kuning seperti cabai, tomat, wortel hingga paprika.

2. Penuhi kebutuhan zat besi

Makanan yang mengandung zat besi via Hellosehat.com

Zat besi merupakan salah satu nutrisi yang sangat penting. Ia juga bisa membentuk sel darah merah lebih banyak sekaligus meningkatkan produksi Hb. Kamu bisa menyantap jenis-jenis makanan yang kaya akan zat besi, seperti: brokoli, ikan, telur, daging, sayuran hijau, biji-bijian hingga jenis kacang-kacangan.

3. Makanan tinggi folat

Salah satu makanan kaya folat via Hellosehat.com

Folat termasuk vitamin B yang punya fungsi cukup vital dalam memproduksi hemoglobin dalam tubuh kamu. Tubuh memanfaatkan folat guna menghasilkan heme, yakni komponen yang terbilang penting dalam Hb. Apabila kamu kekurangan zat folat maka tingkat pematangan sel darah merah dalam tubuh akan mengalami kendara. Keadaan itu lantas mengakibatkan anemia defisiensi folat serta rendahnya kadar Hb dalam tubuh. Makanan yang merupakan sumber folat antara lain: bayam, daging sapi, nasi, alpukat, kacang polong, selada, kacang merah dan beberapa jenis kacang-kacangan lain.

Nah, jika saat ini Cakap People punya kadar hemoglobin yang rendah maka bisa mencicipi beberapa jenis makanan yang kaya nutrisi di atas.dengan demikian kadar Hb bisa melonjak naik. Semoga bermanfaat ya!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Inilah 7 Hal yang Bakal Kamu Dapatkan Setelah Nonton Film Dokumenter Baru Game of Thrones: The Last Watch

Lima Tahun Lebih Pacaran Tapi Kandas? Jangan Terpuruk, Sebaiknya Lakukan 5 Hal Ini