in ,

Penyebab dan Cara Mengatasi Cegukan Saat Santap Makanan Pedas

Begitu digemari, makanan pedas bisa menimbulkan cegukan dan efek lainnya

CakapCakap – Saat makan cabe apalagi dalam jumlah yang cukup banyak, maka beberapa efek bisa saja terjadi. Tidak hanya rasa pedas, namun Cakap People juga merasakan lidah menjadi panas, ingusan atau bahkan cegukan.

Cegukan sendiri dikategorikan sebagai hal yang normal terjadi. Namun jika kamu merasa terganggu dengan cegukan saat makan makanan pedas, maka kamu bisa lakukan beberapa hal berikut ini.

1. Konsumsi susu

Susu via hellosehat.com

Cara yang pertama adalah dengan mengonsumsi susu. Cara yang satu ini memang telah banyak diketahui dan dilakukan oleh banyak orang. Susu sendiri dapat memecah capcaisin untuk membuat pedas yang kamu rasakan mereda. Semakin cepat kamu konsumsi susu maka intensitas cegukan akan semakin rendah dan hilang.

2. Berhenti makan sejenak

Ilustrasi makan via kompas.com

Tips yang selanjutnya adalah dengan berhenti makan sejenak. Selain untuk mengatasi cegukan, berhenti makan sejenak juga bisa menghindarkanmu dari kemungkinan tersedak.

3. Kurangi jumlah cabai

Ilustrasi cabe via liputan6.com

Kamu juga bisa mengurangi jumlah cabai yang kamu konsumsi. Apalagi jika kamu memiliki sistem pencernaan yang sensitif maka memperhatikan jumlah cabai yang kamu konsumsi merupakan hal penting untuk dilakukan.

Penyebab Cegukan Saat Makan Makanan Pedas

Ilustrasi cegukan via cosmopolitan.bg

Penasaran tidak sih, kenapa kamu bisa cegukan saat makan pedas? Hal ini memiliki kaitan dengan kandungan capsaicin yang ada di dalam cabai. Kandungan tersebut memiliki berbagai efek pada beberapa bagian tubuh mulai dari mulut hingga kulit yang terasa panas dan perih. Capsaicin tersebut juga berakibat pada kondisi cegukan.

Hal ini memiliki kaitan dengan reseptor khusus untuk capcaisin yang berada di bagian diafragma. Ketika zat tersebut masuk, maka otot pada diafragma akan berkontraksi. Akibatnya, aliran udara menuju batang tenggorokan menjadi terhambat.

Padahal, bagian diafragma merupakan bagian yang membantu paru untuk mengembang serta mengambil udara. Karena itulah yang bisa menyebabkanmu bisa mengalami cegukan saat mengonsumsi jenis makanan yang pedas.

Makanan pedas merupakan salah satu jenis makanan yang digemari oleh banyak orang di Indonesia. Beberapa bahkan menyakini jika makanannya tidak akan lengkap dan istimewa tanpa adanya sambal atau cabe. Apa Cakap People juga termasuk penggemar makanan pedas?

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Wow, Pemindahan Ibukota Negara di Luar Pulau Jawa Sudah Final!

Pilot Tewas Setelah Dua Pesawat Eurofighters Jerman Bertabrakan di Udara