in ,

Penting! Inilah Cara Mudah Merawat Wiper Mobil dengan Benar

CakapCakap – Ketika berkendara di musim panas, wiper mobil mungkin saja akan dianggap sebagai komponen yang tak penting. Tetapi sebaliknya ketika mengemudi pada musim hujan, keberadaan wiper akan jadi sangat penting. Seperti Cakap People ketahui, wiper memang salah satu komponen vital pada kendaraan roda empat. Fungsinya sangat penting, terutama ketika turun hujan. Wiper akan bertugas untuk menyapu air pada kaca depan, sehingga pandangan pengemudi tak terganggu.

Wiper mobil perlu dirawat dengan cara yang benar, terutama pada musim panas. Via zainiauto.works

Nah, agar fungsinya tetap berjalan dengan baik, wiper mobil perlu dirawat dengan cara yang benar. Terutama pada musim panas, wiper bisa saja getas dan tidak berfungsi lagi dengan maksimal. Cara mudah merawat wiper mobil dengan benar, dapat dimulai dengan cara membersihkannya dua kali seminggu, seperti dijelaskan dalam laman Liputan6.com. Bersihkan bilah wiper dengan sampo mobil untuk menghilangkan partikel debu dan kotoran yang menempel. Dengan perawatan ini, wiper akan lebih maksimal dalam menyapu air dan menghindari baret halus pada kaca saat mengaktifkan wiper.

Jangan pula sekali-kali menggunakan cairan multiguna atau semir ban untuk menjaga kelembaban karet wiper. Pasalnya, cairan itu justru dapat mengurangi kinerja karet bilah wiper saat diaktifkan. Selain itu, jangan pula mengangkat batang wiper saat parkir. Kini, beberapa karet bilah wiper telah dirancang tahan terhadap panas kaca mobil. Tujuannya menjaga kelenturan karet wiper. Karena itu, tak perlu mengangkat batang wiper saat parkir karena bisa membuat per batang wiper cepat melar.

Jangan pernah mengangkat batang wiper saat parkir, karena akan membuat tekanannya ke kaca mobil menjadi lemah. Via beritasatu.com

Akibatnya, tekanan bilah wiper ke kaca mobil menjadi lemah dan mengurangi kinerja sekaan bilah wiper. Selain itu, saat wiper terangkat, titik beban bertumpu pada engsel yang memberi tekanan lebih. Sehingga, engsel dan dinamo penggerak pun akan bermasalah apabila wiper didirikan terus menerus dalam jangka waktu panjang. Jika tetap tidak mau menempelkan wiper pada kaca, gunakan batang penyangga yang dijual di toko aksesori agar karet wiper tidak menempel langsung ke kaca.

“Dalam tangkai wiper ada per dengan tekanan yang sudah terukur pabrik, berfungsi untuk menjaga bilah wiper tetap menempel ke permukaan kaca sehingga bisa menyapu air jika digunakan,” jelas Sales Manager PT Foerch Indonesia, Almus Hidayat, seperti dimuat dalam laman KabarOto.com. Nah, rawat wiper mobil dengan benar ya, Cakap People!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Mulai Pukul 06.00 Petang, Pertunjukan Musik Dilarang di Kota Ini

Mitsubishi Xpander Kini Jadi Mobil Low MPV Termahal di Indonesia, Ini Harganya!