in ,

Penghargaan Agupena diraih Sulawesi Selatan

Dua tahun terakhir, pengembangan literasi di Indonesia semakin terlihat perkembangan pesatnya. Keberadaan pemerintah dan para penggerak di daerah, melalui berbagai macam program, sedikit demi sedikit berhasil mengubah pola pikir masyarakat, untuk semakin mau memperdulikan pendidikan mereka, terutama dari sisi literasi. Di Provinsi Sulawesi Selatan, pengembangan bidang literasi tergolong dalam daerah yang cukup pesat. Begitu banyak perpustakaan daerah, taman baca, sanggar belajar yang terbentuk di seluruh penjuru daerah di Sulsel. Begitu juga dengan agenda literasi yang banyak digelar oleh dinas pendidikan maupun swasta.

Baru-baru ini, Asosiasi Guru Penulis Indonesia (Agupena) wilayah Sulawesi Selatan, berhasil meraih penghargaan berupa Agupena Award, sebagai Agupena Terbaik di Indonesia. Agupena adalah organisasi/yayasan yang beranggotakan Guru/Pensiunan Guru, Dosen/Pensiunan Dosen, dan Tenaga Kependidikan (plus pensiunannya), yang memiliki konsentrasi dan bakat di bidang penulisan. Organisasi yang sudah berdiri sejak November 2016 ini berpusat di Kota Tangerang, Banten.

Pengurus Agupena Provinsi Sulawesi Selatan
agupena.or.id

Organisasi ini dibentuk untuk membantu pemerintah (secara tidak langsung) dalam rangka membangun peradaban dan mencerdasan kehidupan bangsa melalui jalur penulisan dan literasi. Kegiatan yang sering mereka lakukan adalah penulisan karya tulis, karya ilmiah, sastra, maupun penulisan bahan ajar untuk pendidikan formal.

Dalam Agupena Awards yang telah dilangsungkan pada 3-6 Mei 2018 di Jakarta Islamic Centre, Dewan Juri Agupena Bapak Yanuardi Syukur, mengatakan bahwa Agupena Sulsel telah mengaktifkan kembali kegiatan literasi di Provinsi Sulawesi Selatan. Pertimbangan ini yang membuat Agupena Sulsel menjadi pemenangnya. Beberapa hal yang telah dilakukan oleh Agupena Sulsel selama ini adalah membentuk jejaring guru penulis, penerbitan buku, jurnal, dan juga aktif memotivasi para guru untuk bersemangat mengejar penerbitan karya ilmiah. Selain itu, Agupena Sulsel juga telah aktif membangun kolabrasi nyata dengan berbagai organisasi dan media untuk menyebarkan semangat menulis.

Anggota Agupena Indonesia
matakita.co

Penghargaan Agupena Awards diserahkan secara simbolis oleh Dr (cand.) Naijan Lengkong, yang merupakan Ketua Umum Agupena. Sementara itu, penghargaan secara resmi akan diserahkan pada Hari Ulang Tahun Agupena yang akan digelar di Larantuka, Nusa Tenggara Timur, pada akhir November 2018. Menurut M Ardy Ali, Ketua Agupena Provinsi Sulawesi Selatan, penghargaan yang diraih tahun 2018 ini adalah hasil dari kerja keras yang telah dilakukan oleh anggota Agupena, yang secara gigih sudah mau memnyebarkan budaya literasi bagi seluruh masyarakat Sulawesi Selatan, terutama di kalangan pendidik.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

2 Pelari Mewakili Sulsel ke Kejurnas Atletik 2018

Baksos Laparoscopy oleh Ikatan Dokter di Parepare