in ,

Pemerintah Segera Rekrut Tenaga PPPK Tahap I, 3 Bidang Ini Jadi Prioritas!

CakapCakap – Seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 telah berlangsung dengan lancar dan berakhir menjelang penutupan tahun 2018 lalu; meski hingga saat ini masih berproses untuk penempatan di instansi masing-masing. Mungkin ada beberapa Cakap People yang juga sukses lulus dalam penerimaan CPNS 2018 tersebut. Nah, bagi yang belum lulus, dalam waktu dekat ini pemerintah akan segera merekrut tenaga Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Setelah penerimaan CPNS 2018, pemerintah akan segera membuka penerimaan tenaga PPPK pada awal Februari 2019. Via okezone.com

Seperti dilansir laman Okezone.com, seleksi tenaga PPPK tahap I akan dilaksanakan pada awal bulan Februari 2019 ini, di mana tiga bidang akan jadi prioritas untuk diterima, yakni Tenaga Pendidikan, Tenaga Kesehatan dan Penyuluh Pertanian. Menurut Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana, metode mekanisme seleksi tak akan jauh beda dengan Calon Pegawai Negeri Sipil (PNS). “Instrumen seleksinya masih sama dengan menggunakan sistem (CAT) dan portal pendaftaran dilakukan terintegrasi dengan portal Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN),” jelasnya.

Batas usia pelamar sendiri tidak terpaku pada aturan maksimal 35 tahun seperti CPNS. Sebaliknya, maksimal usia pelamar PPPK paling tinggi 1 tahun sebelum batas usia pensiun pada jabatan yang akan dilamar. Perjanjian kerjanya akan mengakomodasi masa hubungan kerja paling singkat 1 tahun dan perpanjangan didasarkan pencapaian kinerja dan kebutuhan instansi. Dijelaskan pula bahwa tanda identitas PPPK akan disamakan dengan PNS lewat penetapan Nomor Induk Pegawai (NIP).

Kepala BKN Bima Haria Wibisana menyebut penerimaan tenaga PPPK ini diprioritaskan bagi tenaga honorer. Via siedoo.co

Dipastikan rekrutmen di tiga bidang itu diprioritaskan bagi tenaga honorer yang sebelumnya sudah bekerja di sana, dilansir laman Siedoo.com. Tujuannya, agar proses adaptasi terhadap kinerjanya tidak berlangsung lama. “Di pendidikan misalnya, kami akan mendahulukan orang-orang yang sudah bekerja di sekolah,” tambahnya. Pihaknya akan berkoordinasi dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk memastikan daftar guru honorer. “Apakah dia honorer K2 atau bukan kan kami gak tahu. Lalu di kesehatan, mereka yang sudah bekerja di sana, akan diprioritaskan,” ungkap Bima.

Seleksi penerimaan tenaga PPPK pada tahun 2019 ini sendiri rencananya akan digelar dua kali. Tahap pertama sebelum Pemilu 17 April 2019 mendatang, tepatnya pada awal bulan Februari 2019 ini, dan tahap kedua setelah pemilu. Ada Cakap People yang sudah bersiap-siap untuk mendaftar seleksi ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Ingat! Olahraga Tetap Cara Paling Baik untuk Masalah Obesitas

Cara Mengolah Singkong Thailand, Enak dan Lembut!