in ,

Olahraga Sederhana ini Bagus untuk Kesehatan Otak, Mau Coba?

CakapCakap – Olahraga memang memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan manusia, apapun jenisnya. Makanya, Cakap People yang sudah mengetahui manfaatnya itu selalu berusaha untuk bisa meluangkan waktunya berolahraga. Bahkan, tidak hanya sekadar kesehatan fisik saja, olahraga juga bisa memberikan manfaat bagi kesehatan mental, dan ternyata juga untuk kesehatan otak. Hormon yang dilepaskan saat berolahraga rupanya bisa meningkatkan kesehatan otak secara keseluruhan.

Rutin berlari ternyata bisa membantu meningkatkan komunikasi antara sel-sel otak. Via 1health.id

Setidaknya ada empat olahraga sederhana yang disarankan untuk menjaga kesehatan otak, menurut hasil penelitian, seperti dimuat dalam laman WomanTalk.com. Salah satunya adalah berlari, karena rutin berlari secara positif mempengaruhi kesehatan dan fungsi sinapsis antara neuron pada bagian hippocampus, serta meningkatkan komunikasi antara sel-sel otak di daerah tersebut. Lalu, aerobik bisa membantu memori dan mempengaruhi emosional, di mana dengan rutin melakukan aerobik maka akan punya peningkatan signifikan dalam kinerja memori spasial, perasaan dan emosi positif.

Kemudian, aliran darah ke otak diketahui juga akan meningkat pada orang yang melakukan olahraga dengan sepeda statis. Peningkatan aliran darah ini dikaitkan dengan mekanisme yang bertanggung jawab untuk pertumbuhan sel dan peningkatan fungsi otak. Tidak hanya itu saja, yoga yang berbasis pada latihan pernapasan pun mampu mengurangi rasa stres yang dirasakan oleh seseorang, seperti ditemukan sebuah penelitian pada tahun 2018 yang menyelidiki efek dari gerakan dan latihan yoga.

Melakukan yoga hanya selama 20 menit ternyata bisa membantu untuk meningkatkan fungsi otak manusia. Via fimela.com

Menurut salah satu penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan dari University of Illinois di Urbana-Champaign, Amerika Serikat, ternyata hanya dengan melakukan yoga selama 20 menit, maka bisa membantu untuk meningkatkan fungsi otak manusia. “Yoga adalah ilmu dari India kuno serta jalan hidup yang tak hanya melibatkan gerakan fisik tetapi juga menjaga pernapasan dan meditasi,” jelas peneliti seperti dilaporkan oleh laman Merdeka.com. Penelitian ini sendiri melibatkan 30 orang.

Hasilnya, partisipan yang melakukan yoga selama 20 menit diketahui lebih cepat dan akurat dalam melakukan tes memori untuk mengukur kemampuan orak, dibanding dengan orang yang melakukan jogging atau menggunakan treadmill selama 20 menit. Dengan mengikuti latihan yoga, setiap orang memiliki kemampuan lebih baik untuk memfokuskan mental, merespon informasi lebih cepat dan akurat, serta mampu belajar dan mengingat lebih baik. Makanya, rajin berolahraga Cakap People!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Penting Bagi Generasi Millennial! Begini Cara Atur Emosi Agar Tak Mudah Marah

Meski Terbuat dari Sayur, Deretan Makanan Ini Punya Rasa Sangat Lezat!