in ,

Olahraga Ringan 10 Menit Ternyata Bisa Tingkatkan Fungsi Otak

CakapCakap – Banyak orang yang melupakan olahraga, karena sibuk dengan aktivitasnya sehari-hari. Cakap People sendiri pun mungkin juga seperti itu. Padahal, olahraga sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Bahkan, masih banyak lagi manfaat lainnya dari berolahraga secara rutin. Makanya, sangat perlu untuk meluangkan waktu, walaupun hanya sebentar, untuk menjalani olahraga secara teratur. Karena, sebenarnya berolahraga juga tidak perlu waktu khusus dan lama.

Ada banyak olahraga sederhana, seperti yoga selama hanya 10 menit saja, bisa meningkatkan fungsi otak. Via vemale.com

Bahkan, ada banyak latihan atau aktivitas fisik yang mungkin selama ini masih dianggap remeh oleh sebagian besar orang, tetapi sebenarnya punya manfaat yang luar biasa seperti berolahraga. Seperti dimuat dalam laman Republika.co.id, para ilmuwan dari University of California telah menemukan fakta bahwa latihan ringan dan singkat selama hanya 10 menit saja, seperti yoga, berjalan lambat, atau tai chi, ternyata mampu mempengaruhi dan meningkatkan fungsi otak dan memori manusia.

Dibandingkan dengan mereka yang tidak melakukan apa-apa, orang-orang yang berolahraga meski hanya selama 10 menit ternyata memiliki komunikasi yang jauh lebih baik antara hippocampus dan daerah otak kortikal, yang merupakan bagian otak yang berhubungan dengan penyimpanan memori dan ingatan memori hidup. Tak hanya itu, mereka yang berolahraga juga lebih mampu membedakan antara kenangan yang berbeda. Semua hasil penelitian ini telah membuktikan manfaat berolahraga.

Jalan kaki juga menjadi salah satu olahraga sederhana yang bisa meningkatkan fungsi otak. Via klikdokter.com

Penelitian lainnya juga menemukan fakta yang tidak jauh berbeda tentang manfaat olahraga ringan seperti stationary cycling, berjalan, dan lari treadmill. Dengan latihan bervariasi antara 3 sampai 24 bulan dan rentang waktu 2 sampai 5 sesi setiap minggu, ternyata menunjukkan secara signifikan bisa meningkatkan ukuran hippocampus sebelah kiri manusia. Penelitian ini kemudian bahkan disebut telah memberikan bukti paling pasti untuk mengetahui manfaat berolahraga untuk kesehatan otak.

“Ketika kamu berolahraga, kamu menghasilkan zat kimia yang disebut brain-derived neurotrophic factor (BDNF). Zat ini dapat mencegah penurunan usia terkait kemunduran kualitas otak. Dengan kata lain, olahraga dapat bermanfaat untuk program perawatan otak,” jelas salah seorang peneliti, Joseph Firth di laman Kompas.com. Nah, makanya Cakap People harus menyempatkan berolahraga!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Samsung Gunakan Baterai Graphene, Charging Hanya Hitungan Menit!

Mendadak Otot Jadi Kram? Lakukan 4 Hal Ini Agar Tidak Tambah Parah!