in ,

Obesitas, Dua Juta Orang Diperkirakan Bisa Menderita Diabetes Pada 2025

Krisis obesitas nasional dapat menyebabkan dua juta orang menderita diabetes dalam waktu lima tahun ke depan atau pada 2025 di Inggris.

CakapCakapCakap People! Krisis obesitas nasional dapat menyebabkan dua juta orang menderita diabetes dalam waktu lima tahun ke depan atau pada 2025 di Inggris.

Dilansir dari The Daily Mail, Senin, 24 Februari 2020, jumlah orang dengan ‘pra-diabetes’ — mereka yang berada di ambang diabetes tipe 2 dan yang harus mengambil tindakan segera —  telah melonjak dari rata-rata 1,3 juta menjadi hampir dua juta orang hanya dalam waktu setahun.

Sudah seperenam dari seluruh anggaran rumah sakit NHS dihabiskan untuk merawat mereka yang menderita diabetes, yang memengaruhi rekor sekitar empat juta orang di Inggris, yang membebani pembayar pajak £ 14 miliar setahun.

Pada tahun 2018, rumah sakit menghabiskan £ 5,5 miliar untuk merawat orang-orang dengan kondisi tersebut, dengan sekitar £ 3 miliar diperlukan untuk mengobati komplikasi diabetes seperti gagal ginjal dan kehilangan penglihatan.

Angka-angka ‘mengkhawatirkan’ yang dirilis oleh NHS England sekarang menunjukkan semakin banyak orang di Inggris yang memiliki gula darah tinggi secara tidak normal, yang kemungkinan akan menyebabkan mereka juga menderita diabetes.

Lebih dari 100.000 orang di antaranya berusia di bawah 40 tahun, setelah peringatan bahwa diabetes tipe 2 bukan lagi penyakit yang hanya diderita oleh orang paruh baya.

Dan semuanya adalah bom waktu yang berdetak, menurut para ahli, yang memperkirakan orang-orang dengan pra-diabetes bisa berkembang menjadi diabetes tipe 2 dalam waktu sekitar lima tahun jika mereka tidak menurunkan berat badan untuk membalikkan proses.

NHS mulai mencatat kasus-kasus pra-diabetes, yang juga dikenal sebagai ‘hiperglikemia non-diabetes’, dua tahun lalu: Pada 2017-2018, ada sebanyak 1,3 juta orang dan meningkat menjadi 1.969.610 orang pada 2018-2019 yang terdaftar di dokter umum di Inggris dengan kondisi diabetes.

Dari jumlah tersebut, 5,6 persen berusia di bawah 40 tahun, dan 42 persen berusia paruh baya — berusia antara 40 dan 64 tahun.

Profesor Mike Lean, dari Universitas Glasgow, menyebut angka-angka itu seperti “gunung es”.

Dia berkata: “Jumlah orang dengan pra-diabetes ini besar dan semakin besar — dua juta ini adalah puncak gunung es.

“Ini sangat memprihatinkan karena orang-orang dengan pra-diabetes sangat mungkin untuk menderita diabetes, dan di belakang mereka ada banyak orang yang belum pra-diabetes tetapi akan [berpotensi] pada tahun depan.

“Selama orang tetap kelebihan berat badan, dan terus kelebihan berat badan, semakin banyak orang akan menjadi pra-diabetes dan diabetes.

“Kita perlu bijaksana, dan mereka yang didiagnosis sebagai pra-diabetes harus paham, tahu bahwa jika mereka tetap menjalankan diet ketat selama beberapa bulan, mereka bisa mencegah diri mereka terkena diabetes.”

Program pencegahan diabetes terdepan di dunia yang berhasil dari NHS membantu ratusan ribu orang mengambil langkah-langkah kecil  untuk mengendalikan kesehatan mereka sendiri.

Angka-angka terkait dengan diabetes tipe 2, yang terkait dengan obesitas — bukan diabetes tipe 1, yang merupakan penyakit autoimun di mana tubuh berhenti memproduksi insulin untuk mengontrol gula darah.

Krisis obesitas, di mana dua pertiga orang dewasa di Inggris kelebihan berat badan dan 29 persen secara klinis mengalami obesitas, berarti satu dari enam tempat tempat tidur rumah sakit sekarang ditempati oleh seseorang yang menderita diabetes.

Tanda-tanda Diabetes tipe 2

Tanda-tanda pertama dari diabetes tipe 2 cenderung termasuk merasa sangat lelah, bangun di malam hari untuk buang air kecil dan merasa haus sepanjang waktu.

Diperkirakan satu juta orang di Inggris hidup dengan diabetes tipe 2 tanpa menyadarinya.

Banyak yang lebih cenderung memiliki pra-diabetes, di mana gula darah lebih tinggi dari biasanya tetapi belum cukup tinggi untuk digolongkan sebagai diabetes. Tidak memiliki gejala sehingga biasanya diambil selama tes darah rutin.

Chris Askew, Kepala Eksekutif Diabetes Inggris, mengatakan: “Rekor jumlah orang yang berisiko tinggi terkena diabetes tipe 2 menunjukkan perlunya tindakan segera untuk menghentikan pertumbuhannya yang cepat.”

*Foto: Pixabay

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Ini Dia Alasan Kenapa Kamu Gak Boleh Balikan Sama Mantan yang Sudah Pernah Selingkuh!

Para Ahli China Pastikan Obat Antimalaria Ini Efektif Melawan Virus Corona