in ,

Musik dengan Tempo Cepat Ternyata Cocok untuk Temani Berolahraga HIIT, Mau Coba?

Pemilihan lagu dengan tempo tepat dapat meningkatkan pengaruh positif dari olahraga

CakapCakap – Olahraga HIIT (High Intensity Interval Training) memang dikenal sebagai salah satu metode yang diyakini mampu membantu menurunkan berat badan. Namun, Cakap People tentunya juga mengetahui bahwa olahraga ini memiliki intensitas berat yang dapat membuat tubuh merasa kelelahan. Makanya, tak heran jika banyak orang yang merasa malas untuk menjalani olahraga HIIT, sehingga untuk memulainya hingga bisa dilakukan rutin dan teratur pun akan menjadi lebih sulit.

Musik dengan tempo cepat bisa membuat nyaman saat melakukan olahraga HIIT. Via tribunnews.com

Namun, melakukan olahraga HIIT sambil mendengarkan musik ternyata bisa menjadi solusinya. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Stork dan diterbitkan dalam jurnal Psychology of Sport and Exercise, musik yang ceria dapat membuat latihan HIIT terasa mudah, seperti yang dilaporkan dalam laman Grid.id. Bahkan, bisa jadi mampu memotivasi orang yang pada awalnya tak suka untuk berolahraga. Dalam penelitian itu, sebuah panel menilai 16 lagu bertempo cepat dan memilih tiga lagu terbaik.

Panel yang dikumpulkan oleh seorang ahli musik dan olahraga bekerja sama dengan peneliti Brunel University London, Costas Karageorghis itu memilih lagu judul ‘Let’s Go’ oleh Calvin Harris featuring Ne-Yo, ‘Bleed It Out’ oleh Linkin Park, dan ‘Can’t Tt Us Us’ oleh Macklemore dan Ryan Lewis. Semua lagu tersebut memiliki tempo lebih tinggi dari rata-rata, yaitu lebih dari 135 denyut per menit (bpm). Para panel pun merasa nyaman ketika melakukan olahraga HIIT sambil memutar musik dari lagu itu.

Pemilihan lagu dengan tempo tepat dapat meningkatkan pengaruh positif dari olahraga itu sendiri. Via tribunnews.com

Bahkan, detak jantung mereka selama latihan juga meningkat seiring dengan irama. “Kami percaya bahwa musik memotivasi orang lebih menikmati olahraga, tetapi kami terkejut dengan peningkatan detak jantung,” ungkap Stork dalam penelitian tersebut. Dia pun menjelaskan bahwa fenomena yang disebut ‘entrainment’ tersebut merupakan kecenderungan manusia untuk mengubah ritme biologis mereka jadi irama musik, sehingga akhirnya bisa menikmati olahraga intensitas berat seperti HIIT.

Sementara Karageorghis menjelaskan bahwa pemilihan lagu untuk olahraga dengan tempo tepat dapat meningkatkan pengaruh positif dari olahraga itu sendiri, meningkatkan efisiensi gerakan selama berolahraga, dan memperkuat ketahanan tubuh dalam berolahraga, seperti dimuat dalam laman HelloSehat.com. Cakap People pun akan merasa lebih positif, serta mampu menstabilkan detak jantung setelah olahraga jika mendengarkan lagu sambil berolahraga. Nah, itu manfaatnya!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Perayaan Idul Adha, Pemerintah Kota Makassar Berkurban Sembilan Ekor Sapi

Turut Serta Dalam Perayaan Hari Raya Idul Adha, Polres Enrekang Berkurban 20 Sapi dan 3 Kambing