in

Meski Anak Menolak, Ini Alasan Kenapa Buah dan Sayur Harus Tetap Diberikan

Anak merupakan sebuah titipan yang harus kita jaga dan perhatikan dengan baik. Agar anak memiliki tumbuh kembang yang maksimal, maka sebagai orang tua sudah menjadi tugas kita untuk menyajikan beragam menu yang terbaik bagi si buah hati. Mulai dari bahan makanan segar seperti sayur hingga buah-buahan wajib kita berikan pada anak-anak, sebab di dalamnya terdapat kandungan nutrisi yang baik dalam masa tumbuh kembang anak.

Meskipun tak semua anak suka dengan buah dan sayur, namun bahan-bahan tersebut harus tetap kita berikan. Lalu, apa saja sebenarnya manfaat dari sayur dan buah untuk anak? Yuk, ketahui deretan manfaatnya berikut.

Menjadikan anak lebih cerdas

Buah dan sayur bantu cerdaskan anak via solusisehatku.com

Jika si kecil dipandu untuk mengonsumsi pola makan yang sehat, yakni dengan makan sayur, buah hingga menerapkan 4 sehat 5 sempurna maka ia akan memiliki prestasi yang gemilang di sekolahnya. Hal itu dikarenakan segala nutrisi penting yang diperlukan oleh tubuh berhasil dipenuhi.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Journal of School Health menyebutkan jika anak yang memiliki kualitas makan buruk, atau kurang konsumsi buah dan sayur maka cenderung memiliki nilai akademis yang kurang jika dibandingkan dengan anak yang mengonsumsi cukup sayur dan buah setiap harinya. Anak-anak yang biasa mengonsumsi menu-menu sehat memiliki kemungkinan sebanyak 41% lebih kecil mengalami kesulitan membaca jika dibandingkan dengan anak-anak lainnya.

Dapat meningkatkan gizi

Konsumsi buah asam yang mengandung vitamin C bisa meningkatkan sistem imun via tanamanberkhasiat.com

Anak-anak membutuhkan asupan nutrisi yang baik dan itu bisa didapatkan dengan mengonsumsi sayur dan buah. Sebab sayur dan buah memiliki banyak kandungan vitamin hingga mineral. Aneka buah asam seperti stroberi dan buah lainnya mengandung vitamin C, sehingga dapat membuat sistem kekebalan tubuh anak meningkat.

Selain itu, ada pula wortel yang dipenuhi dengan vitamin A yang baik untuk menjaga kesehatan mata, serta bayam yang dapat digunakan sebagai sumber zat besi guna memberikan pencegahan terhadap anemia.

Jenis buah yang baik dikonsumsi untuk anak salah satunya adalah apel, yang di dalamnya memiliki 16 macam polifenol yang dapat berguna sebagai antioksidan yang baik. Apabila anak mengonsumsi jenis buah dan sayur yang kaya warna, maka dapat memberinya banyak gizi penting yang mampu menjaga kesehatan tubuhnya.

Membuat terhindar dari obesitas

Sayur dan buah kaya serat dan mengenyangkan via morning.id

Sayur dan buah mengandung serat yang cukup kaya dan mengenyangkan. Selain itu juga rendah kalori dan juga lemak. Oleh karena itu, sebaiknya pilihlah buah dan sayur sebagai pengganti camilan anak agar lebih sehat. Hindari memberikan anak makanan bertajub junk food  karena dapat membuat potensi obesitas atau kegemukan meningkat. Anak yang mengalami obesitas juga akan mengalami peningkatan risiko penyakit seperti diabetes tipe 2, hipertensi, depresi, kolesterol tinggi, hingga masalah pernapasan.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Mau Ban Kendaraan Berumur Panjang? 5 Hal Ini Harus Kamu Lakukan

Mau Ikut Nikmati Keseruan Petualangan Jumanji? Kunjungi 5 Lokasi Syutingnya Ini