in

Mengupas Lebih Jauh Tentang Tarian Gandrang Bulo Makassar

Cakap People, apakah kamu pernah dengar satu tarian khas Makassar bernama Gandrang Bulo? Gandrang Bulo adalah tarian tradisional khas Makassar yang diiringi oleh tabuan gendang dan tabuan bambu. Kata Gandrang Bulo sendiri berasal dari dua kata, yaitu “gandrang” yang berarti tabuan atau pukulan dan “bulo” yang berarti bambu. gandrang bulo biasanya dimainkan oleh beberapa orang dengan suasana yang ceria dan senang.  Di dalam tarian tersebut biasanya diselipkan dialog kritis namun juga lucu dan menghibur. Dialog yang disisipkan biasanya memperbincangkan masalah politik, sosial dan budaya.

Sering dijadikan wadah penyampaian aspirasi bagi seniman via Blogspot.

Tarian ini sering digunakan untuk seniman untuk mengeluarkan berbagai macam masalah atau uneg-uneg mengenai satu hal. Selain itu juga sering digunakan masyarakat untuk merespon beberapa kondisi sosial disekitarnya. Beberapa contoh nih, cerita yang sering dibawakan dalam tarian ini adlah misalnya mengenai kesulitan masyarakat pinggiran menghadapi oknum-oknum tertentu. Setiap penari diharuskan memerankan beberapa karakter lucu, seperti orang kampung yang lugu berhadapan dengan pemeran pejabat atau penguasa yang angkuh. Kritikan yang dimainkan oleh seniman Gandrang Bulo terkadang begitu keras, namun dikemas dalam banyolan sehingga dapat mengundang tawa penontonnya. Sampai saat ini, Tarian Gandrang Bulo masih menjadi salah satu kesenian khas Makassar yang selalu dipentaskan di beberapa acara penting.

Sejarah Tarian Gandrang Bulo

Bermula pada saat masa penjajahan Jepang via Internet.

Saat Jepang menjajah Indonesia, rakyat Sulawesi Selatan dibuat menderita dengan diberlakukannya kerja paksa. Mereka sering mendapat siksaan, seperti: pukulan, tendangan, dan cambuk dari tentara Jepang. Pada saat istiraha, tanpa pengawasan tentara Jepang, para pekerja bermain-main menyanyikan lagu jenaka sambil melakukan sejumlah adegan lucu yang diambil dari gerakan tentara Jepang.

Sebelum tahun 1960-an Tari Gandrang Bulo dimainkan oleh orang dewasa dengan membuat lingkaran. Mereka menyanyikan lagu jenaka dan gerakan–gerakan lucu yang dimainkan secara bergiliran, dengan instrumen bambu yang berfungsi sebagai alat musik dan properti. Selain sebagai hiburan rakyat, tarian gandrang bulo sering dipentaskan untuk menyambut tamu penting negara.

Menonton pertunjukan tari Gandrang Bulo bisa menjadi salah satu hiburan yang menarik dalam liburan kamu di sini. Pesan moral dan kritikan dalam tarian bisa menjadi pelajaran untuk menjadi lebih baik. Tertarik untuk mempelajarinya? Langsung berkunjung ke Makassar, ya! [ED/RM]

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Cara Dapatkan Likes di Instagram Tanpa Pake Hashtag

5 Tanda Ini Menunjukkan Bahwa Kamu Belum Siap Pacaran