in ,

Mengenal Lebih Jauh Menstrual Cup, Alat Penampung Darah Pengganti Pembalut Saat Haid

Menstrual cup reuseable

CakapCakap – Cakap People, pernahkan mendengar istilah menstrual cup? Atau mungkin sampai saat ini sudah menggunakannya? Menstrual cup sendiri adalah salah satu alat yang digunakan khusus bagi wanita yang tengah datang bulan.

Menstrual cup via putacupinit.com

Mungkin sebagian orang masih awam mendengarnya. Pasalnya belum semua wanita mengenal jauh apa itu menstrual cup dan bagaimana cara penggunaannya. Daripada makin penasaran, lebih baik langsung saja simak deretan fakta menstrual cup.

Cara penggunaan

Menstrual cup berbahan silikon lentur via mynet.com

Untuk menggunakan menstrual cup, kamu bisa melipatnya ke dalam hingga membentuk seperti segitiga dengan ujung yang mengecil. Selanjutnya, kamu tinggal memasukkannya ke dalam miss v dengan bantuan pelumas. Jika dirasa sudah banyak darahnya, kamu bisa mengambilnya kembali. Namun jangan lupa untuk cuci tangan terlebih dulu.

Cara membersihkan

Menstrual cup dapat digunakan kembali usai dibersihkan via ravishly.com

Kamu tinggal menariknya keluar setelah itu dibersihkan untuk membuang darah yang telah banyak. Caranya adalah dengan membuang darahnya dulu lalu bilas dengan air hangat. Kamu juga bisa merebusnya untuk membuat alat ini tetap steril. Jika kamu ingin pakai sabun, kamu harus pilih sabun yang tidak ada parfum dan memiliki pH seimbang.

Selain mensterilkannya dengan direbus, kamu juga bisa menggunakan air mineral untuk membersihkan menstrual cup. Tidak seperti tampon lainnya, kamu tidak perlu sebentar-sebentar mengeceknya di toilet.

Bocorkah?

Aneka menstrual cup via thea.care

Banyak dari kamu barangkali bertanya-tanya apakah menstrual cup tersebut bakal bikin bocor atau tidak. Pada percobaan pertama ada kemungkinan jika kamu bakal bocor namun jika sudah benar dalam memasukkannya maka tidak bakal bocor lagi. Kamu juga bisa lancar beraktivitas bahkan digunakan saat berenang sekalipun.

Kelebihan yang ditawarkan

Penampakan menstrual cup via bustle.com

Ada beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh menstrual cup yang satu ini, seperti yang berikut ini:

  • Lebih murah sehingga hemat di kantong
  • Dapat digunakan bareng dengan IUD
  • Tidak terasa saat digunakan
  • Bisa menampung darah secara lebih banyak sehingga tidak perlu gonta ganti ataupun dicek terus-terusan
  • Lebih ramah lingkungan
Ragam menstrual cup via medium.com

Meski memiliki banyak kelebihan, namun menstrual cup juga memiliki kekurangan seperti halnya susah digunakan jika baru pertama kali. Dengan demikian, kamu membutuhkan beberapa kali percobaan agar berhasil hingga dapat menggunakannya dengan benar. Bagaimana, Cakap People tertarik untuk coba menggunakan alternatif ini?

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Keren! DFSK Klaim Pabriknya di Indonesia Sudah Bisa Produksi Mobil Listrik

Uber Ungkap Bakal Kirimkan Pesanan Makanan Menggunakan Drone Musim Panas Ini