in ,

Mengenal Duesenberg Model Js, Mobil Langka Nan Mewah di Era 1920-an

CakapCakap – Cakap People pasti saja sudah sangat akrab dengan nama Bugatti atau Lamborghini sebagai merek mobil mewah di dunia. Banyak para selebritis dunia yang mengoleksi mobil-mobil premium dari kedua merek tersebut. Bahkan, di Indonesia juga ditemukan sejumlah tokoh yang memiliki koleksi mobil produksi Bugatti dan Lamborghini. Nah, jika kembali ke masa lalu, di era 1920-an hingga awal 1930-an, ada mobil keluaran Duesenberg Model Js yang jadi mobil mewah ketika itu.

Duesenberg Model Js merupakan mobil mewah pada masanya, dengan mesin inovatif berkinerja tinggi. Via carstyling.ru

Duesenberg merupakan mobil mewah yang menggendong mesin inovatif berkinerja tinggi, seperti dilaporkan Tempo.co. Salah satu produknya, Duesenberg Model J jadi satu-satunya menggunakan karoseri Torpedo Berline yang dibangun oleh Rollston. Model J dibekali mesin straight-eight 420ci bertenaga 265bhp buatan Amerika Serikat tercepat dan paling kuat di masanya. Duesenberg yang tidak asing dengan inovasi, diakui sebagai yang pertama mengembangkan mesin 8-silinder dan rem hidrolik. Model ini pun menjadi yang pertama menggunakan metode pengereman baru, serta fitur terbaru pada zamannya, termasuk kemampuan untuk mengganti oli dengan satu sentuhan tombol.

Salah satu mobil Duesenberg Model Js dilelang dalam acara pelelangan Mecum di Phoenix 2019 pada tanggal 14-16 Maret 2019 lalu. Mobil perak yang cantik ini memiliki ukuran mesin panjang dengan kap panjang dan kabin juga cukup besar. Mobil buatan tahun 1930-an ini juga dilengkapi dokumentasi ketika dibeli Shirley M. Burden, cicit dari Cornelius Vanderbilt di New York. Sejarah menyebutkan bahwa mobil telah ini beralih dari pemilik yang satu ke pemilik lainnya melalui The Great Depression. Pada tahun 1955 silam, mobil itu hanya dijual 650 dolar AS atau setara Rp 9,1 juta.

Duesenberg Model J diperkenalkan pertama kali ke publik pada tahun 1928. Via heritagemuseumsandgardens.org

Ditambahkan pula dari laman OtoBlitz.net, Duesenberg Model J sendiri diperkenalkan pertama kali ke publik pada tahun 1928. Bahkan, pada tahun 1932, mobil ini telah menggunakan supercharger dan dijual hingga tahun 1937.  Pada tahun 1935, Duesenberg sempat membangun dua unit generasi Model J yang saat ini dimiliki oleh aktor Hollywood, yaitu Gary Cooper dan Clark Gable. Pada bulan Agustus 2018 lalu, keduanya dilelang melalui Gooding & Company di ajang tahunan Pebble Beach.

“Dengan mesin supercharged twin-cam inline 8-silinder, kendaraan ini mampu menghasilkan daya sebesar 400HP, yang menjadi salah satu mobil produksi tercepat pada zamannya,” ungkap David Gooding, pendiri Gooding & Compan. Wah, luar biasa ya, Cakap People!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Keren! Suspensi Mobil Canggih ‘Anti Gempa’, Polisi Tidur Jadi Tak Berasa

Kisah Elkana, Sang Penjaga Tapal Batas RI-Australia di Tanimbar