in ,

Mengenal Aqua Zumba, Olahraga dalam Air yang Ramah Persendian

Aqua zumba merupakan variasi dari senam zumba yang dilakukan di dalam air. Via leonardwood.armymwr.com

CakapCakap – Ada banyak sekali jenis olahraga yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Salah satu adalah olahraga kardio yang dapat membantu membakar kalori dalam tubuh dengan sangat baik. Beragam jenis latihan dalam olahraga kardio bisa menjadi pilihan Cakap People yang ingin menurunkan berat badan dan mendapatkan bentuk tubuh yang ideal. Misalnya, dengan melakukan senam zumba, yakni olahraga yang menggabungkan senam aerobik dan dance.

Aqua zumba merupakan variasi dari senam zumba yang dilakukan di dalam air. Via leonardwood.armymwr.com

Namun, jika memiliki masalah dengan tulang dan persendian, sebaiknya mencoba dulu dengan pelan untuk beradaptasi dengan gerakan-gerakan yang menghentak ala senam zumba. Gerakan-gerakan itu bisa saja meningkatkan risiko cedera. Atau bisa pula dengan mencoba aqua zumba, variasi zumba yang lebih ramah bagi persendian, karena dilakukan di dalam air sehingga risiko cedera jauh lebih kecil, dan sangat cocok pula bagi para ibu hamil, seperti dimuat dalam laman Health.Detik.com.

“Aqua zumba memang khusus untuk orang-orang yang cedera lutut, punya masalah osteoporosis (kondisi tulang keropos). Bagus banget juga buat ibu hamil. Dibanding senam zumba biasa, aqua zumba lebih aman karena gak banyak loncat, kalo pun loncat kan di air juga posisinya,” terang Jun Ko Agus, seorang pelopor zumba di Indonesia. Keistimewaan lain dari aqua zumba adalah sangat baik dalam proses pembentukan otot, karena beban di air sama berat seperti beban dalam latihan angkat besi.

Aqua zumba lebih ramah persendian, sehingga cocok bagi mereka yang punya masalah tulang dan persendia. Via fitnessvibe.co.uk

Ditambahkan dari laman Kompas.com, aqua zumba sejatinya adalah adaptasi dari zumba fitnes atau zumba land, hanya saja dilakukan dalam air. Seiring perkembangan, terdapat beberapa penyesuaian gerak yang dilakukan, seperti melangkah di air, atau mengepakkan kaki seperti berenang. Satu sesi berlangsung selama 45 menit di air dengan kedalaman 1,25 meter dan suhu air 34 derajat celcius. Peserta akan dipandu melakukan pemanasan dan gerakan-gerakan menguatkan otot di dalam air.

“Kalau dihitung kalori yang terbakar itu sama banyak dengan zumba land, hanya karena di air jadi keringatnya tidak terlihat,” ungkap instruktur aqua zumba di Bandung, Santi. Ada Cakap People yang tertarik untuk mencoba dan mengikuti olahraga aqua zumba ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Namibia Sukses Berantas HIV dan AIDS, Begini Kiatnya!

133 Hari di Tengah Lautan, Inilah Kisah Sejarah Poon Lim