in ,

Jangan Salah! Aktivitas Sederhana Ini Ternyata Bisa Jadi Pengganti Olahraga Kardio

Bisa dilakukan di kantor dan juga di rumah

CakapCakap – Setiap orang tentu ingin memiliki tubuh yang sehat dan bugar. Namun, tidak semua orang, dan mungkin juga termasuk Cakap People memiliki waktu dan kesempatan untuk berolahraga secara rutin dan teratur. Tapi, sebenarnya ada beberapa aktivitas sederhana yang bisa dilakukan sebagai pengganti olahraga kardio. Aktivitas ini pun bisa dilakukan di mana saja, termasuk ketika bekerja di kantor, atau saat bersantai di rumah. Mungkin kamu juga bisa mencoba melakukannya.

Naik turun tangga bisa menjadi aktivitas fisik sederhana sebagai pengganti olahraga kardio. Via womantalk.com

Pertama, aktivitas naik-turun tangga. Aktivitas fisik ini sebenarnya bisa dilakukan di kantor, asalkan punya komitmen untuk berhenti dari kebiasaan naik lift ketika harus naik ke lantai atas. Tangga pun bisa menjadi alternatif yang bagus untuk latihan jantung dan paru-paru, seperti yang dilansir oleh laman HelloSehat.com. “Ketika dilakukan dengan benar, maka naik-turun tangga dapat memberikan latihan kardio menantang, serta memperkuat otot-otot pada bagian bawah tubuh,” ungkap Jessica Matthews, MS, juru bicara American Council on Exercise menjelaskan manfaat dari aktivitas fisik ini.

Kamu pun bisa mencoba melakukan naik tangga dengan cepat, melompat dengan melewati salah satu anak tangga, atau lompat menyamping dengan gerakan lateral high knee. Coba lakukan semua gerakan naik-turun tangga tersebut dengan tiga kali pengulangan dalam satu sesi. Jangan lupa untuk tidak bertopang pada pegangan tangan ketika naik-turun tangga, karena ini malah akan membantu meringankan beban dari kaki, sehingga kemudian mengurangi efek dari latihan kardio sederhana ini.

Aktivitas lompat tali juga bisa menjadi aktivitas pengganti olahraga kardio. Via alodokter.com

Kemudian, melompat juga menjadi salah satu cara yang baik untuk berkeringat deras dari latihan kardio tanpa harus berlari memutari trek jogging. Aktivitas fisik ini pun sangat sederhana, karena bisa dilakukan di mana saja, termasuk ketika berada di rumah. Kamu pun bisa mencoba mengganti gerakan lompat tali klasik dengan cross jack, yang mengharuskan untuk menyilangkan tangan dan kaki bergantian saat melompat. Lakukan gerakan ini bergantian hingga mencapai sebanyak 25 set.

Alternatif lain yang paling mudah adalah melompat kecil dengan tetap bertumpu pada jari-jari kaki dan mendorong tubuh ke atas dengan tumit kaki, persis seperti sedang melakukan lompat tali. Nah, selamat mencoba aktivitas pengganti olahraga kardio ini ya, Cakap People!

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Untuk Pertama Kalinya, 4 Kampus di Cina Masuk 10 Universitas Top Asia

Pulau Terluar Indonesia dan India akan Terkoneksi, Bagaimana Caranya?