in ,

Manfaat Daun Jarak untuk Kesehatan, Salah Satunya Mengatasi Sariawan

Manfaat daun jarak untuk kesehatan

CakapCakapCakap People meski daun jarak tak lagi asing di masyarakat, namun manfaatnya justru masih banyak yang belum tahu. Padahal, tumbuhan yang satu ini memiliki banyak sekali manfaat yang bisa diambil dari daunnya. Dalam dunia kesehatan, daun jarak bisa digunakan untuk mengatasi beragam jenis penyakit pada tubuh manusia.

Bukan hanya bisa dimanfaatkan dari daunnya saja, namun biji dan buah dari tumbuhan ini sama bermanfaatnya. Adapun beberapa manfaat daun jarak antara lain adalah sebagai berikut:

Menurunkan panas anak

Gambar oleh OpenClipart-Vectors dari Pixabay

Manfaat daun jarak yang pertama adalah untuk menurunkan panas pada si kecil. Untuk mendapatkan manfaat yang satu ini, kamu bisa menyiapkan 2 sampai 3 helai daun jarak yang sebelumnya telah dicuci sampai bersih. Selanjutnya, oleskan daun jarak dengan minyak kayu putih lalu panaskan di atas api selama kurang lebih 2 menit. Tunggu panasnya merata lalu letakkan daun tersebut di atas perut serta punggung si kecil.

Mengatasi perut kembung

Gambar oleh Michal Jarmoluk dari Pixabay

Manfaat daun jarak yang selanjutnya adalah untuk mengatasi perut kembung. Untuk bisa mendapatkan khasiatnya yang satu ini, kamu bisa mengoleskan atau bisa juga menempelkan daun jarak di bagian perut. Jangan lupa untuk membersihkan daun jarak sampai hilang getahnya. Selain itu, oleskan juga kayu putih di daun jarak tersebut.

Kamu bisa mengatasi perut kembung dengan cara mengoleskan daun jarak di sekitar perut dan bagian dada. Langkah ini bisa membuatmu merasa lebih hangat.

Sariawan

ilustrasi daun jarak via dekoruma.com

Manfaat daun jarak yang selanjutnya adalah untuk mengatasi sariawan. Sariwan merupakan salah satu gangguan yang cukup menyebalkan. Gangguan yang satu ini bahkan membuat banyak orang kesulitan saat ingin makan atau bahkan berbicara.

Untuk mengatasi sariawan dengan daun jarak, kamu bisa meremas-remas bagian daun sampai getahnya muncul. Selanjutnya gunakan sedikit getah di area yang terkena sariawan. Getah tersebut akan membantu penyembuhan dari gangguan yang satu ini.

Selain manfaat di atas, daun jarak juga memiliki ragam manfaat lainnya yang bagus untuk kesehatan. Cakap People bisa menggunakannya sesuai dengan kebutuhan.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Potret Lamaran Ponari, Si Dukun Cilik dengan Kekasihnya

Gara-Gara Berkumis, Duta Besar Amerika Serikat Ini jadi Sasaran Kemarahan Warga Korea Selatan