in ,

Makanan Ini Membantu Kurangi Resiko Tekanan Darah Tinggi Selama Kehamilan

Hasil penelitian mengenai hal itu sudah diterbitkan dalam BJOG: Sebuah Jurnal Internasional Obstetri.

CakapCakapCakap People! Penelitian di Eropa baru-baru ini menemukan bahwa makan makanan yang kaya sayuran dan ikan selama kehamilan dapat membantu menurunkan risiko terkena tekanan darah tinggi dan pre-eklampsia.

Dilakukan oleh para peneliti di Imperial College London dan University of Bristol, studi skala besar baru itu mengamati 55.138 wanita yang mengambil bagian dalam Cohort Kelahiran Nasional Denmark.

Ilustrasi sayuran. (Foto: Unsplash)

Para wanita diminta untuk menyelesaikan beberapa wawancara telepon, di antaranya saat usia kehamilan 12 minggu dan 30 minggu dan dua kali wawancara setelah 6 bulan dan 18 bulan kelahiran. Selain itu, mereka juga mengisi kuesioner tentang kebiasaan diet mereka pada minggu ke 25 kehamilan mereka.

Hasil penelitian yang diterbitkan dalam BJOG: Sebuah Jurnal Internasional Obstetri, menunjukkan bahwa makan makanan yang kaya sayuran dan ikan tampaknya mengurangi risiko terkena hipertensi gestasional sebesar 14 persen dan pre-eklampsia sebesar 21 persen.

Di sisi lain, mengikuti diet Barat, yang kaya akan kentang, daging, roti putih dan margarin, meningkatkan risiko terkena hipertensi gestasional sebesar 18 persen dan pre-eklampsia sebesar 40 persen.

Ilustrasi Salmon Dish. (Foto: Unsplash)

Rata-rata, wanita dengan tekanan darah tinggi atau pre-eklampsia juga memiliki indeks massa tubuh yang lebih tinggi (1,6-2,3 kg / m2 lebih tinggi) daripada mereka yang tidak memiliki kondisi tersebut.

Sementara para peneliti menunjukkan bahwa studi ini hanya menunjukkan hubungan antara diet dan risiko tekanan darah tinggi selama kehamilan, daripada hubungan sebab akibat, mereka menambahkan bahwa hasilnya memang menambah bukti yang ada di tubuh yang mendukung mengikuti pola hidup sehat dan kesehatan-diet seimbang.

THE JAKARTA POST

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Harga Samsung Galaxy A80 dan Samsung Galaxy S10e Hanya Selisih Rp 1 Juta, Pilih yang Mana?

Mengecek Smartphone Malam Hari Dapat Mempengaruhi Kualitas Tidur Kamu, Kata Penelitian