in ,

Ladies, yuk Jaga Kesehatan Kandung Kemih dengan Cara Berikut!

CakapCakap – Hampir semua bagian tubuh yang kita miliki memang harus dijaga kesehatannya Cakap People. Sebab tiap organ tubuh memiliki peran dan fungsinya masing-masing. Sehingga apabila tidak dijaga dengan baik maka fungsi tersebut bisa terganggu yang tentu saja dapat mengakibatkan kesehatan kita berdampak karenanya.

Salah satu organ tubuh yang juga wajib kamu perhatikan kesehatannya ialah kandung kemih. Sebab wanita lebih rentan terkena infeksi saluran kencing dibanding para pria. Apabila kesehatan kandung kemih tak kamu jaga, maka dapat berpotensi mengakibatkan bakteri masuk ke uretra serta menginfeksi saluran kencing. Jika tak kunjung diatasi maka bakteri bisa naik ke ginjal dan memicu terjadinya infeksi. Lantas, bagaimana kiat menjaga kandung kemih pada wanita? Berikut caranya!

1. Perbanyak air putih

Minum air putih 8 gelas per hari via Abiummi.com

Meskipun semakin banyak minum air putih kamu akan sering buang air kecil, namun cara ini bisa membilas bakteri yang ada di kandung kemih loh! Jadi jika bakteri makin banyak yang keluar melalui urine  maka tentunya kandung kemih akan jadi makin sehat dan terhindarkan dari infeksi. Jika kamu kekurangan air putih maka tubuh tak hanya akan mengalami kekurangan cairan saja, melainkan juga menjadikan urine berubah jadi lebih pekat dan kamu pun berpotensi mengalami sembelit.

2. Batasi konsumsi jenis makanan asam

Atur batas konsumsi makanan asam via Ibu-hamil.web.id

Pernah merasakan rasa sakit di bagian kandung kemih, merasa hendak buang air kecil terus-menerus bahkan sampai ngompol? Kondisi ini namanya ialah Interstitial Cystitis yang merupakan keadaan di mana kandung kemih kronis yang biasanya dialami oleh kaum hawa. Hal tersebut dapat disebabkan lantaran konsumsi makanan asam, seperti jus jeruk hingga tomat. Guna menjadikan kandung kemih lebih sehat maka sebaiknya atur batas konsumsi jenis makanan asam.

3. Jangan menahan buang air kecil

Hindari menahan buang air kecil via Intisari.grid.id

Siapa yang sering melakukan kebiasaan buruk yang satu ini? Sebaiknya mulai hentikan ya! Sebab buang air kecil merupakan jalan guna membuang bakteri. Apabila kamu tahan maka bakteri yang harusnya dibuang dapat naik kembali ke organ kandung kemih serta memicu infeksi. Kondisi berikut akan jadi lebih parah apabila kamu terlalu sering menahan buang air kecil. Kamu juga dianjurkan guna memerhatikan cara yang tepat untuk membersihkan organ vital, yakni dari arah depan ke belakang. Supaya mencegah bakteri berpindah dari anus ke bagian uretra.

Itulah dia beberapa hal yang bisa dilakukan guna membuat kandung kemih lebih sehat Cakap People.  Selain itu, upayakan untuk menghindari jenis minuman seperti soda, alkohol, kopi hingga teh. Sebab jenis minuman berkafein dapat menjadikan kandung kemih merasa kontraksi berlebihan. Alhasil bisa memicu kebocoran urine. Atur batas konsumsi yang tepat ya, jangan terlalu sering.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Meski Terbuat dari Sayur, Deretan Makanan Ini Punya Rasa Sangat Lezat!

Merinding! Grammys 2019 : Raih Tiga Penghargaan, Ini Dia Pidato Emosional Lady Gaga tentang Kesehatan Mental