in

4 Jenis Makanan Ini Ternyata Bisa Merusak Gigi loh, Waspadai Ya!

CakapCakap – Gigi adalah salah satu bagian tubuh yang memiliki fungsi terbilang penting. Sehingga Cakap People harus senantiasa menjaga kesehatan gigi dan mulut. Oleh karena itu tak ada salahnya jika kamu senantiasa mengendalikan dan mengontrol jenis makanan yang masuk ke dalam tubuh. Sebab sedikit banyak  makanan juga memiliki pengaruh penting terhadap kesehatan gigi.

Terdapat beberapa jenis makanan yang bisa merusak gigi. Seperti jenis makanan yang kaya akan kandungan gula dan asam. Gula dianggap membuat gigi mengalami peristiwa pembusukan, sedangkan asam dapat mengikis lapisan enamel (luar gigi). Selain itu ada beberapa jenis makanan lain yang wajib kamu waspadai, apa saja? Simak daftarnya berikut ini!

1. Popcorn

Konsumsi popcorn rasa karamel bisa membuat gigi rusak via Biggerbolderbaking.com

Hampir semua orang sangat menyukai popcorn. Makanan berbahan jagung ini biasanya dijadikan sahabat saat menonton sebuah film, baik di rumah atau di bioskop. Kendati tak memiliki kandungan asam atau gula, namun jenis camilan berikut terkadang ada yang berbentuk biji utuh. Biasanya tidak terolah dengan baik sehingga cenderung keras dan berbentuk biji. Jika secara tak sengaja kamu menggigit kernel jagung tersebut maka bisa mengakibatkan gigi rusak. Tak hanya itu, seringkali popcorn juga disajikan dengan rasa karamel yang manis. Alhasil berpotensi untuk meningkatkan kerusakan gigi.

2. Keluarga buah sitrus

Jenis buah-buahan yang punya kandungan asam via 1health.id

Tentu kita semua paham jika buah-buahan termasuk jenis makanan yang sangat baik untuk dikonsumsi. Sebab memiliki aneka vitamin dan nutrisi penting yang diperlukan oleh tubuh. Akan tetapi jenis buah yang berasal dari keluarga jeruk seperti jeruk bali, hingga lemon memiliki kadar asam sitrat yang tinggi. Nah, kandungan itulah yang meningkatkan potensi terjadinya erosi pada email gigi. Sehingga memungkinkan gigi kamu jadi lebih sensitif. Kamu bisa beralih dari buah jeruk ke buah-buahan yang punya dampak tak merusak gigi. Misalnya saja pisang atau apel. Sebab di dalam buah tersebut memiliki kandungan asam yang sedikit.

3. Es batu

Kebiasaan mengunyah es batu via Meramuda.com

Es batu tak hanya bisa dijadikan alternatif penyejuk dahaga semata. Melainkan juga sering dikunyah sebagai camilan yang menyegarkan. Tetapi kebiasaan mengunyah es batu ini agaknya berdampak kurang baik pada gigi kamu. Sebab mengunyah jenis makanan keras dapat meningkatkan risiko terjadinya fraktur gigi. Terlebih pada gigi yang memiliki tambalan cukup besar.

4. Pasta

Saus tomat dalam pasta via Gayadigital.com

Siapa yang doyan makan pasta? Jenis makanan berikut memang memiliki sensasi rasa yang lezat. Apalagi jika disantap saat musim dingin seperti ini. Tetapi tahukah kamu jika ternyata saus pasta yang yang terbuat dari tomat memiliki kandungan asam cukup tinggi? Secara alami tomat juga memiliki sifat asam yang tak jauh beda dari keluarga jeruk. Sehingga kandungan asam sitrat di dalamnya juga berisiko merusak gigi. Apalagi jika kamu mengonsumsi jenis saus tomat kalengan. Maka di dalamnya juga tersedia kandungan asam sitrat yang jauh lebih tinggi dibanding tomat alami.

Bukankah jenis makanan di atas sering kamu konsumsi Cakap People? Agaknya mulai saat ini mulai kurangi ya konsumsi jenis makanan atau minuman bercita rasa manis maupun asam. Selain itu, jangan lupa rutin menggosok gigi agar senantiasa bersih dan terbebas dari kotoran yang menempel.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

One Ping

  1. Pingback:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Luar Biasa! Flashdisk Ini Punya Kapasitas 4 TB, Jadi Terbesar di Dunia

Penting! Trampolin Ternyata Olahraga Paling Efektif Keluarkan Racun dari Tubuh