in ,

Kontes Robot Internasional di AS, Indonesia Raup Prestasi!

CakapCakap – Kembali dengan prestasi, Indonesia tidak akan pernah haus akan prestasi yang membanggakan dari anak negerinya. Salah satunya adalah mereka, beberapa mahasiswa asal Malang yang berhasil menjawarai kompetisi tingkat dunia di Amerika Serikat. Bagaimana ceritanya Cakap People?

Tim Robotika UMM yang Jawarai Kompetisi Robotika di AS
https://ngalam.co/wp-content/uploads/2017/04/2017_04_09_Tim_Robotik_UMM.jpg

Mereka adalah Tim Robotik yang berasal dari Universitas Muhammadiah Malang (UMM), Jawa Timur, yang mengikuti “Triniti College Fire FIghting Home Robot Contest” di Trinity College Hartford, Amerika Serikat. Kompetisi yang dihelat pada 13 hingga 15 April 2019 ini, mempertemukan puluhan tim dari berbagai negara di dunia, yang pastinya punya kapabilitas yang tinggi di bidang robotika. Dan dengan tidak ragu, tim Indonesia memberanikan diri untuk bersaing dengan para kompetitor yang pasti juga berkompeten. Hebatnya, ternyata Tim Indonesia berhasil memenangkan dua kategori sekaligus dalam ajang tersebut, yakni Juara 1 dan Juara 2 dalam kategori Robot Berkaki, serta Juara 2 dalam kategori Robot Beroda.

Didin Wahidin, selaku Direktur Kemahasiswaan, Ditjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Kemenristekdikti menyampaikan kebanggaannya atas prestasi mahasiswa asal Malang ini. Apalagi dengan menjawarai kompetisi bidang robotika, Indonesia semakin yakin bahwa masa depan anak bangsa di bidang teknologi tidak akan kalah dengan negara canggih lainnya. Adapun anggota tim yang berlaga di Amerika Serikat ini adalah lfan Achmadillah Fauzi sebagai perancang pemograman, Rohmansyah sebagai perakit perangkat keras, dan Ken Dedes Maria Khunty sebagai ahli mekanik.

Tim Indonesia yang Menjuarai Kompetisi Robotika di Amerika Serikat
https://cf.dvh.bz/library/2/1/2/4/3/21243_840x576.jpg

Dalam pemaparannya, Fauzi menyampaikan bahwa kunci keberhasilan mereka adalah koordinasi antar anggota tim. Sementara itu, dijelaskan juga bahwa keunggulan mereka adalah soal dimensi robot yang sangat kecil. Dengan ukuran yang kecil, maka manuver dan rintangan di setiap bagian akan terlihat lebih akurat. Selain itu, robot produksi tim Indonesia juga memiliki tingkat kesulitan tersendiri, bahkan masuk dalam kategori robotika yang paling rumit.

Tim ini bukan sekali ini menjadi juara, karena sebelumnya mereka berhasil menjuarai Kontes Robot Indonesia (KRI) yang diselenggarakan oleh Direktorat Kemahasiswaan, Belmawa pada kategori Kontes Robot Pemadam Api Indonesia.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

2 Pings & Trackbacks

  1. Pingback:

  2. Pingback:

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Ingin Ubah Suasana Rumah Jadi Lebih Nyaman? Coba Gunakan 4 Warna Berikut!

Dijamin Kulit Mulus Kembali, Ini 4 Cara Ampuh Menghilangkan Kapalan