in ,

Kim Jong-un Tidak Tampil di Publik untuk Waktu Terlama Dalam 7 Tahun

Badan Intelijen Nasional Korea Selatan, yang memantau aktivitas Korea Utara, mengatakan bahwa Kim diyakini dalam keadaan sehat

CakapCakapCakap People! Pemimpin tertinggi Korea Utara Kim Jong-un belum pernah tampil di publik secara selama sebulan terakhir. Ini adalah waktu terlamanya tidak membuat penampilan publik resminya dalam lebih dari tujuh tahun.

Soal ketidakhadirannya yang berkepanjangan itu datang ketika desas-desus terus berputar tentang kesehatan pemimpin Korea Utara tersebut, dengan pengamat dari negara yang terkenal rahasia itu mengungkapkan bahwa Kim mengambil lebih banyak waktu istirahat selama setahun terakhir.

Kim Jong-un terakhir muncul di media pemerintah pada 12 Oktober 2021 lalu di sebuah pameran rudal di Pyongyang, melansir Unilad.co.uk.

Kim Jong-un memberikan pidato selama pameran pertahanan di Pyongyang pada Senin, 11 Oktober 2021, dengan rudal negara yang dipajang di sebelahnya. [Foto: AFP]

Pada April 2020, pria yang disebutkan berusia 37 tahun itu sempat dilaporkan menghilang selama tiga minggu, yang mengarah ke spekulasi media global bahwa ia telah meninggal atau sakit parah setelah dikabarkan menjalani operasi jantung. Sekembalinya, dia terlihat menggunakan kereta listrik alih-alih berjalan selama kunjungan pabrik, dan awal tahun ini difoto mengenakan perban di kepalanya dan berdiri di atas tikar empuk, NK News melaporkan.

Dalam foto-foto baru-baru ini, Kim tampil di depan umum terlihat lebih ramping, yang oleh beberapa orang dikaitkan dengan masalah kesehatannya. Laporan lain menunjukkan bahwa dia mungkin sengaja menurunkan berat badan untuk menunjukkan solidaritas dengan warga Korea Utara, yang berada di tengah-tengah kelaparan yang memburuk.

Orang-orang menonton rekaman file siaran TV dari laporan berita tentang Korea Utara yang menembakkan sepasang rudal balistik di lepas pantai timurnya, di Seoul, Korea Selatan, 15 September 2021. [Foto: REUTERS/Kim Hong-Ji/File Photo]

Badan Intelijen Nasional Korea Selatan, yang memantau aktivitas Korea Utara, mengatakan bahwa Kim diyakini dalam keadaan sehat, dan meskipun baru-baru ini tidak tampak, latihan pelatihan senjata diketahui untuk melanjutkan ‘tugas normalnya’ dari kediaman liburannya di Wonsan di pantai timur negara itu.

Kim Jong-un akan merayakan ulang tahunnya yang ke-10 sebagai Pemimpin Tertinggi Korea Utara pada April tahun depan, dan, terlepas dari masalah kesehatannya, tetap menjadi salah satu kepala negara termuda di dunia.

Penampilan publik Kim Jong-un berikutnya yang dikonfirmasi tidak sampai 17 Desember, ketika dia dijadwalkan untuk mengunjungi makam kakeknya Kim Il-sung pada peringatan kematiannya.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Malaysia Bakal Terima Pengunjung Internasional Paling Lambat 1 Januari 2022

Kemenkes Singapura: Pasien COVID-19 yang Tidak Divaksinasi Bakal Dikenakan Biaya Rp 262 Juta Sebelum Subsidi