in ,

Keren! Bus Listrik Sudah Banyak Digunakan di Shanghai

Sudah ada lebih 400 ribu bus listrik di Cina, atau sekitar 99% total dunia

CakapCakap – Perkembangan teknologi otomotif sudah berkembang pesat belakangan ini. Seiring dengan semakin tingginya kesadaran akan kelestarian lingkungan hidup, orang-orang di berbagai negara pun kini lebih memilih untuk menggunakan kendaraan ramah lingkungan, seperti bertenaga listrik. Tentu saja juga memilih menaiki transportasi umum dibanding kendaraan pribadi. Jika Cakap People berkunjung ke Shanghai, Cina, bus listrik sangat mudah ditemukan karena banyak digunakan.

Bus listrik semakin banyak digunakan di Shanghai seiring dengan program pemerintah setempat. Via flickr.com

Bus bertenaga listrik kini memang mudah dijumpai di Shanghai, Cina, seperti terlihat di jalan menuju Pudong, serta jalan ke arah Xinjiang, dilansir oleh laman Detik.com. Bus kota bertenaga listrik yang banyak ditemukan di kota itu pun sebagian besar bermerek Sunwin. Meski namanya memang masih terdengar asing, namun ternyata perusahaan Shanghai-Sunwin Bus Corporation tersebut sudah ada sejak bulan September 2000, sebagai perusahaan patungan antara Shanghai Automotive Industry Corporation (SAIC Motor) dengan Volvo Investment Corp (VIC) dan Volvo Bus Corp (VBC) di Cina.

Tak salah jika menyebut armada bus umum di Shanghai telah menjadi semakin hijau dalam beberapa tahun terakhir, seiring dengan semakin banyaknya penggunaan bus listrik ini. Sejak tahun 2006 lalu, Shanghai makin gencar dalam mengimplementasikan bus listrik dan bus hybrid sebagai transportasi umum. Bahkan selama gelaran ajang Shanghai World Expo 2010 silam, kota ini menjalankan sebuah program yang mencakup sebanyak 256 bus energi baru dengan emisi rendah hingga tanpa emisi.

Saat ini Cina sudah mengoperasikan lebih 400 ribu bus listrik, sekitar 99% dari total dunia. Via youtube.com

Program ini sendiri sejalan dengan rancangan pemerintah pusat Cina, di mana dalam PRI (Principe for Responsible Investment) disebutkan bahwa, bahkan di kota Shenzhen pun sudah sepenuhnya menggunakan bus listrik saat ini dengan jumlah mencapai sekitar 16 ribu unit. Secara total di tahun 2018 lalu, Cina sudah memiliki lebih dari 400 ribu bus listrik. Jumlah tersebut mencapai sekitar 99 persen dari total dunia. Angka tersebut pun merupakan dampak sejak satu dekade lalu, di mana Cina mulai memprioritaskan elektrifikasi angkutan publiknya dengan subsidi dan peraturan nasional.

Sementara di Indonesia, Pemerintah Provinsi Jakarta baru akan memulai program ini dengan uji coba bus listrik pada rute TransJakarta. Saat ini, sudah ada tiga bus listrik yang disiapkan untuk uji coba, di mana dua di antaranya merupakan produksi BYD dari Cina, dan satunya lagi bus listrik produksi dalam negeri dari MAB. Keren ya, Cakap People!

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Royal Enfield Twins Flat Tracker (FT), Sepeda Motor Hasil Modifikasi Bergaya Tracker

Viral! Ribuan Mobil Sport Antarkan Remaja Ini Ke Pemakaman