in ,

Kamu Wajib Tahu! Ini Dia Manfaat Sayur Wortel Selain Untuk Kesehatan Mata

CakapCakap – Cakap People, masih ingatkah kamu saat kita masih kecil, orang tua selalu mengajarkan bahwa wortel sangatlah baik untuk menjaga kesehatan mata? Sayuran berwarna oranye ini diklaim memiliki kandungan vitamin A yang baik untuk indera penglihatan kita. Dikarenakan khasiatnya tersebut, banyak yang meyakini rutin mengonsumsi wortel bisa menyembuhkan beberapa penyakit mata seperti mata minus. Nah, apakah hal ini mitos atau fakta? Selain untuk kesehatan mata, apa saja manfaat sayur berwarna oranye ini? Yuk, simak ulasan berikut ini :

Wortel dan Mata Minus

 Mata minus via Unsplash
https://unsplash.com/photos/qmnpqDwla_E

Dilansir dari MSN, Dokter spesialis mata dari Ciputra SMG Eye Clinic, dr. Yudisianil E. Kamal, SpM mengatakan bahwa rutin mengonsumsi wortel tidak bisa menyembuhkan penyakit mata, termasuk mata minus.

Ia menambahkan bahwa Wortel adalah nutrisi untuk kesehatan mata. Tapi untuk (mata) minus itu adalah suatu hal yang bersifat optik atau fisikal optik. Jadi penanganannya bukan dengan nutrisi tapi dengan koreksi, bisa dengan kacamata, lensa kontak atau bedah refraktif.

Ia juga menjelaskan bahwa minus merupakan suatu hal yang sifatnya nutrisi. Perawatan yang terbaik untuk menangani minus bersifat optik. Ini dikarenakan minus atau silinder adalah gangguan dalam hal pembiasan atau objek. Pembiasan yang harusnya jatuh di retina, itu karena ada kelainan atau karena ada kekurangan menyebabkan objeknya jatuhnya tidak di retina tapi di depan atau di tempat lain.

Manfaat Wortel untuk Kehamilan

Wortel untuk kesehatan kehamilan via unsplash
https://unsplash.com/photos/NIZeg731LxM

Meminum jus wortel juga sangat bermanfaat selama dan setelah kehamilan loh, Cakap People. Ini dikarenakan wortel memiliki  kalsium , folat, kalium, magnesium, dan tentu saja vitamin A. Kalsium sendiri mampu membantu janin agar pertumbuhan tulangnya kuat, sementara folat mampu mencegah cacat ketika lahir. Menurut American College of Obstetrician and Gynecologists (ACOG), wanita hamil dan menyusui membutuhkan 1.000 miligram kalsium per hari.

Vitamin C dan vitamin A dalam jus wortel juga bekerja sebagai antioksidan kuat dalam kehamilan. Vitamin ini melindungi ibu dan janin dari radikal bebas, dan memberi dorongan sistem kekebalan yang menurunkan risiko infeksi.

Manfaat Wortel untuk Kulit

Wortel untuk kesehatan kulit via unsplash
https://unsplash.com/photos/6EGQaO5WJjY

Wortel mengandung vitamin C yang memiliki sifat penyembuh, sehingga sayuran ini mampu menyembuhkan ruam pada kulitmu. Tak hanya itu, beta-karoten dalam wortel juga mampu mengurangi peradangan pada kulit.

Manfaat Wortel untuk Metabolisme Tubuh

Wortel untuk metabolisme tubuh via unsplash
https://unsplash.com/photos/Mt3a9GM3GX0

Jus wortel merupakan salah satu makanan yang sangat baik untuk diet. Ini dikarenakan wortel memiliki kalori yang rendah, dan dipercaya dapat menurunkan berat badan lebih cepat. Jus wortel juga diklaim dapat meningkatkan sekresi empedu yang menyebabkan meningkatnya metabolisme. Dengan meningkatnya metabolisme, makanan yang kamu cerna akan lebih mudah untuk diproses menjadi energi.

Gimana Cakap People? Sudah siap dengan jus wortelmu hari ini?

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Cara Mengolah Singkong Thailand, Enak dan Lembut!

Tetap Produktif Meski Jadi Ibu Rumah Tangga? Coba Beberapa Usaha Sampingan Ini!