in

Kakak Beradik Sering Bertengkar? Ini Dia Tips Bikin Keduanya Akur Kembali!

Tips membuat kakak beradik akur

CakapCakapCakap People, memiliki 2 orang anak atau lebih merupakan salah satu tantangan tersendiri. Karena bisa saja mereka saling cemburu hingga membuat kakak beradik menjadi kurang akur. Hal ini tentu membuat pusing orang tua.

Meski demikian, ibu harus tahu jika ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar kakak beradik lebih akur satu dengan yang lain. Lantas apa saja sih caranya, simak yuk ulasan di bawah ini:

Bikin Perhatian Teralihkan

Gambar oleh Bessi dari Pixabay

Tips yang pertama adalah dengan membuat perhatian mereka teralihkan. Dalam hal ini, ibu bisa memberikan pekerjaan yang harus dilakukan keduanya. Dengan demikian, perhatian anak bisa teralihkan pada pekerjaan mereka yang baru dan lupa akan pertengkarannya.

Pekerjaan yang dilakukan bersama, juga bisa membuat pertengkaran keduanya mereda dan justru saling bekerja sama.

Beri Solusi Bukan Pembelaan

Gambar oleh Bessi dari Pixabay

Seringkali orang tua mengharuskan si kakak untuk mengalah pada adiknya. Hal ini justru membuat si kakak tidak berdaya, padahal ia merasa harusnya lebih dihormati oleh adiknya. Sedangkan si adik justru merasa besar kepala karena terus-terusan dibela oleh orang tua.

Menghindarkan hal yang membuat keduanya tidak akur, akan lebih baik jika ibu memberikan solusi. Sebagai contoh saat keduanya meributkan makanan. Dalam hal ini, ibu bisa meminta mereka untuk berbagi secara adil dan bukannya memberikan sepenuhnya kepada salah satu pihak entah si kakak atau si adik saja.

Beri Tahu Cara Melakukan Negoisasi

Gambar oleh klimkin dari Pixabay

Orang tua juga bisa membiasakan negoisasi untuk anak-anaknya. Dalam hal ini, ibu bisa bertanya kepada anak apa masalah yang mereka ributkan. Selanjutnya cari solusi yang menguntungkan kedua belah pihak dengan tidak menyalahkan satu pihak.

Jika sudah terbiasa dengan negoisasi, anak juga akan meniru untuk kedepannya. Selanjutnya, orang tua juga bisa menjadi moderator saja dalam mengawasi anak-anaknya yang tengah mencoba menyelesaikan masalah.

Bingung anak seringkali bertengkar dan tidak bisa akur? Ibu bisa lakukan beberapa tips di atas untuk membuat keduanya kembali akur dan mau bermain bersama tanpa banyak bertengkar.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

BRIT Awards 2020: Lewis Capaldi Menang Banyak, Ini Daftar Pemenang Lengkapnya!

Membuat Masker Madu untuk Mengatasi Kulit Kering, Mudah Dibuat Sendiri!