in ,

Joe Biden Menang Pemilu AS: Inilah Perjalanan Karir, Pendidikan, Pernikahan dan Tragedi Keluarga

Joe Biden sempat bekerja sebagai pengacara sebelum beralih ke politik.

CakapCakapCakap People! Joe Biden adalah presiden terpilih Amerika Serikat pada pemilihan presiden tahun 2020, mengalahkan petahana Donald Trump. Ia juga menjabat sebagai wakil presiden Barack Obama dari 2008-2016.

Siapa Joe Biden?

Joe Biden, the 47th vice president of the United States, was the featured guest for the Tom Johnson Lectureship at the LBJ Presidential Library on Tuesday, Oct. 3, 2017. The conversation was moderated by Mark Updegrove, former director of the LBJ Library.<br /> Biden represented Delaware for 36 years in the U.S. Senate before serving as vice president from 2009 to 2017 in the administration of President Barack Obama. As vice president, Biden addressed important issues facing the nation and represented America abroad, traveling over 1.2 million miles to more than 50 countries. He convened sessions of the President's Cabinet, led interagency efforts, and worked with Congress in his fight to raise the living standards of middle-class Americans, reduce gun violence, address violence against women, and end the devastation of cancer.<br /> The event was held in the LBJ Auditorium and was the fifth annual Tom Johnson lecture. The lecture series was created to honor Tom Johnson, who served for 30 years as chairman of the Lyndon Baines Johnson Foundation Board of Trustees. Johnson also served as executive assistant to President Johnson and, later, as president and then chairman of CNN.<br /> 10/03/2017 LBJ Library photo by Jay Godwin
Joe Biden. [Foto: LBJ Library Photo/Jay Godwin]

Dirangkum dari laman Biography.com, Minggu, 8 November 2020, Joe Biden sempat bekerja sebagai pengacara sebelum beralih ke politik. Dia menjadi senator AS termuda kelima dalam sejarah serta senator terlama di Delaware, salah satu negara bagian di AS.

Kampanye presiden 2008-nya tidak pernah mendapatkan momentum, tetapi calon dari Partai Demokrat Barack Obama memilihnya sebagai wakil presidennya dan Biden melanjutkan untuk menjalani dua masa jabatan sebagai wakil presiden ke-47 Amerika Serikat. Pada 2017, di akhir masa pemerintahannya, Obama menghadiahkan Biden Presidential Medal of Freedom. Dua tahun kemudian, Biden meluncurkan kampanyenya untuk presiden AS dan terpilih sebagai presiden Amerika Serikat ke-46 pada pemilu AS 2020.

Keluarga dan Pendidikan

Jauh sebelum mencapai salah satu jabatan politik tertinggi di negara itu, Biden lahir pada tanggal 20 November 1942. Dia dibesarkan di Scranton, di Timur Laut Pennsylvania. Ayahnya, Joseph Biden Sr., bekerja sebagai pembersih tungku dan penjual mobil bekas. Sementara, ibunya bernama Catherine Eugenia “Jean” Finnegan.

Biden memuji orang tuanya yang menanamkan ketangguhan, kerja keras, dan ketekunan dalam dirinya. Dia ingat ayahnya sering berkata, “Champ, ukuran seseorang bukanlah seberapa sering dia dirobohkan, tetapi seberapa cepat dia bangun.”

Biden bersekolah di Sekolah Dasar St. Paul di Scranton. Pada 1955, ketika dia berusia 13 tahun, keluarganya pindah ke Mayfield, Delaware sebuah wilayah dengan komunitas kelas menengah yang berkembang pesat, terutama karena ada perusahaan kimia DuPont di dekatnya.

Sebagai seorang anak, Biden berjuang mengatasi gagap, dan anak-anak memanggilnya “Dash” dan “Joe Impedimenta” untuk mengejeknya. Dia akhirnya mengatasi kesulitan bicaranya dengan menghafal bagian-bagian puisi yang panjang dan melafalkannya dengan keras di depan cermin.

Biden bersekolah di St. Helena School sampai dia diterima di Akademi Archmere yang bergengsi. Meskipun dia harus bekerja dengan mencuci jendela sekolah dan menyiangi kebun untuk membantu keluarganya membayar biaya sekolahnya tersebut. Biden lulus dari Archmere pada tahun 1961.

Pendidikan Tinggi, Pernikahan dan Sekolah Hukum

Biden kuliah di Universitas Delaware, di mana dia belajar sejarah, ilmu politik dan bermain sepak bola. Dia kemudian mengakui bahwa dia menghabiskan dua tahun pertamanya di perguruan tinggi jauh lebih tertarik pada sepak bola, anak perempuan dan pesta daripada akademisi. Tetapi saat itu, Joe Biden juga mulai mengembangkan minat dalam politik, sebagian terinspirasi oleh pelantikan John F. Kennedy pada 1961.

Pada 1965, Joe Biden melanjutkan studinya di Syracuse University Law School setelah lulus dari Delaware. Biden memilih universitas tersebut lantaran jatuh cinta dengan salah seorang mahasiswi kampus tersebut yang bernama Neilia Hunter yang akhirnya menjadi istri pertama Joe Biden. Biden dan Hunter menikah tahun berikutnya, pada tahun 1966.

Karir Politik Awal

Setelah lulus dari sekolah hukum pada tahun 1968, Biden pindah ke Wilmington, Delaware, untuk mulai berpraktik di sebuah firma hukum.

Ia juga menjadi anggota aktif Partai Demokrat dan terpilih menjadi anggota Dewan New Castle County pada 1970. Saat menjabat sebagai anggota dewan, pada tahun 1971, Biden memulai firma hukumnya sendiri.

Pada tahun 1972, Partai Demokrat Delaware mendorong Biden yang berusia 29 tahun untuk mencalonkan diri melawan petahana Republik populer J. Caleb Boggs untuk Senat Amerika Serikat.

Meskipun sedikit yang mengira dia memiliki kesempatan, Biden menjalankan kampanye tanpa lelah yang sebagian besar dibantu oleh anggota keluarganya.

Kakak perempuannya, Valerie Biden Owens, menjabat sebagai manajer kampanyenya, dan kedua orang tuanya berkampanye setiap hari. November 1972, Biden berhasil terpilih menjadi senator AS termuda kelima yang terpilih dalam sejarah negara.

Tragedi Keluarga

Saat semua mimpi Biden terwujud, ia dilanda tragedi yang menghancurkan hidupnya. Seminggu sebelum Natal tahun 1972, istrinya, Neilia Hunter dan ketiga anak mereka mengalami kecelakaan mobil yang parah saat berbelanja untuk membeli pohon Natal. Kecelakaan itu menewaskan istri dan putrinya dan melukai kedua putranya, Beau dan Hunter. Biden sempat depresi bahkan mencoba bunuh diri.

Namun demikian, atas dorongan keluarganya, Biden memutuskan untuk menghormati komitmennya mewakili masyarakat Delaware di Senat. Dia melewatkan upacara pelantikan senator baru di Washington dan sebagai gantinya mengambil sumpah jabatan dari kamar rumah sakit putranya.

Menikah Kembali

Joe Biden datang bersama istrinya Jill untuk berbicara di acara komunitas di Burlington, Iowa, pada 7 Agustus 2019. [Foto: Charlie Neibergall / AP file]

Biden kemudian menikah dengan istri keduanya, Jill Biden, sejak 1977. Putri pasangan tersebut, Ashley, lahir pada tahun 1981. Pada tanggal 30 Mei 2015, Biden kembali mengalami kehilangan putranya Beau, yang meninggal pada usia 46 tahun, setelah berjuang dengan kanker otak yang dideritanya.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Texas Menjadi Negara Bagian AS Pertama yang Melampaui 1 Juta Kasus Virus Corona

Jepang Resmi Umumkan Putra Mahkota Akishino Sebagai Pewaris Takhta Pertama