in ,

Jeff Bezos Kembali Dinobatkan Sebagai Orang Terkaya Nomor Satu di Dunia Versi Forbes

Secara total, Forbes menghitung kekayaan sebanyak 2.095 miliarder.

CakapCakapCakap People! Orang terkaya di Bumi tidak kebal terhadap virus corona. Ketika pandemi ini memperkuat cengkeramannya di Eropa dan Amerika, pasar ekuitas global meledak, menyita banyak kekayaan. 

Kasus perceraiannya yang telah “menghabiskan” hampir 40 miliar dolar AS, bisa saja menggulingkan pendiri dan CEO Amazon (AMZN) Jeff Bezos dari posisi orang terkaya di dunia.

Namun, untuk tahun ketiga berturut-turut, Bezos kembali menempati posisi teratas dalam peringkat miliarder global versi Forbes. Kekayaan bersihnya turun 18 miliar dolar AS tahun lalu menjadi 113 miliar dolar AS, menurut Forbes, sebagian karena perpisahannya dengan istrinya, MacKenzie Bezos. Saham Amazon naik 15% tahun lalu, membantu mengimbangi sebagian dari kerugian tersebut.

Pendiri Amazon dan Blue Origin, Jeff Bezos memberikan pidato utama pada Konferensi Tahunan Air, Space & Cyber Association Association di Oxen Hill, MD, pada 19 September 2018. [Foto:AFP / Jim Watson]

MacKenzie Bezos juga membuat penampilan pertamanya dalam daftar orang terkaya di dunia, berkat penyelesaian perceraiannya senilai 38 miliar dolar AS. Sebagai bagian dari penyelesaian perceraiannya dengan Jeff Bezos, dia mendapat 25% saham Amazon. MacKenzie sekarang menempati urutan ke 22 dalam daftar orang terkaya di dunia versi Forbes.

Forbes mengungkapkan daftar orang terkaya di dunia edisi ke-34 pada Selasa, 7 April 2020. Daftar ini memperhitungkan beberapa faktor pandemi coronavirus, yang telah membuat pasar global panik selama beberapa bulan terakhir. Untuk paruh pertama bulan Maret 2020, sebanyak 226 orang kehilangan status miliarder mereka dan ada 58 miliarder lebih sedikit dibandingkan dengan waktu yang sama tahun lalu. Secara total, Forbes menghitung kekayaan sebanyak 2.095 miliarder.

“Dari para miliarder yang tersisa, 51% lebih miskin daripada tahun lalu. Secara mentah, miliarder dunia bernilai 8 triliun dolar AS, turun 700 miliar dolar AS dari 2019,” kata Forbes.

Bill Gates. [Foto: Bloomberg]

Salah satu pendiri Microsoft (MSFT), Bill Gates, berada di posisi kedua dengan kekayaan 98 miliar dolar AS, naik 1,5 miliar dolar AS. Bernard Arnault, chairman dan CEO LVMH (LVMHF), menggeser paoisi Warren Buffett keluar dari tempat ketiga dengan kekayaan 76 miliar dolar AS. Dengan 67,5 miliar dolar AS, kekayaan Buffett mendarat di posisi keempat.

Sementara itu, wanita terkaya di dunia yang terus menjadi pewaris Walmart (WMT) Alice Walton, berada di posisi sembilan dengan kekayaan senilai 54,4 miliar dolar AS.

Pendatang baru yang terkenal

Selain MacKenzie Bezos, ada 177 wajah segar lainnya yang menghiasi daftar orang terkaya di dunia ini untuk pertama kalinya.

Di antaranya adalah Eric Yuan, founder dan CEO Zoom (ZM), berada di posisi 293 dengan 5,5 miliar dolar AS. Saham perusahaannya meledak ketika perangkat lunak telekonferensi Zoom mulai banyak digunakan oleh orang-orang yang bekerja dari rumah selama pandemi COVID-19.

Mackenzie Bezos. [Foto: Instagram]

Pendatang baru lainnya: Anthony von Mandl, CEO Mark Anthony Brands. Perusahaannya menciptakan White Claw, minuman seltzer keras terlaris di negara itu yang telah menjadi fenomena bagi orang-orang yang menginginkan minuman mabuk tanpa rasa bersalah. Dia memiliki kekayaan sekitar 3,3 miliar dolar AS menurut perhitungan Forbes dan duduk di posisi nomor 590.

Julia Koch, dari Koch Industries yang berpengaruh, juga menjadi pendatang baru dengan kekayaan bersih 38,2 miliar dolar AS. Dia masuk daftar di tempat ke-18 setelah dia dan anak-anaknya menerima 42% saham di perusahaan setelah suaminya David meninggal pada Agustus 2019.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Inilah 4 Hal Tentang Cinta yang Perlu Kamu Ketahui!

Kini, Pesan WhatsApp Hanya Bisa Diteruskan Sekali Saja Guna Mencegah Hoaks