in ,

Jarang Diketahui, Gejala Fisik dan Psikis dari Penderita Depresi

CakapCakap — Depresi merupakan penyakit psikis yang mungkin menyerang siapa saja di tingkat umur berapapun. Tingkat depresi masing-masing orang serta penyebabnya pun bisa berbeda-beda. Ada orang yang saat terkena masalah berat bisa mengatasinya dengan baik sehingga tidak muncul depresi pada dirinya, tapi ada juga orang yang saat terkena masalah ringan saja bisa langsung depresi. Nah Cakap people, lalu apa saja gejala yang muncul saat terserang depresi?

1. Mood terus menerus buruk hingga ingin menangis terus

Mood yang buruk via Detik.

Salah satu gejala psikis umum yang terlihat dari orang yang depresi adalah suasana hati yang buruk secara terus menerus. Dan mood yang buruk ini bisa terjadi berminggu-minggu bahkan bertahun-tahun jika tidak segera diatasi. Orang yang depresi juga akan terus menerus menangis tanpa sebab karena dia sendiri pun tidak paham apa yang terjadi dengan dirinya.

2. Merasa tidak berharga

Masih merupakan gejala psikis, orang yang terkena depresi juga akan merasa bahwa dirinya tidak lagi berharga. Dia merasa sebagai pecundang sehingga hidupnya sangat menderita dan sengsara. Padahal kenyatannya, kehidupan yang dia miliki tidak sesengsara yang dia pikirkan.

3. Sering tersulut emosi dan sulit mengontrol diri

Sering tersulut emosi via Aryanto.

Selain itu, orang yang terkena depresi juga mengalami kesulitan untuk mengelola emosinya sendiri. Mendadak serig marah dan jika marah dia tidak bisa mengontrolnya. Kemarahan bisa dilampiaskan dengan cara meledak-ledak dan menjadi tidak memiliki toleransi terhadap orang lain.

4. Tidak merasa bahagia meskipun berada dalam suasana yang postif

Umumnya, orang normal akan merasakan kebahagiaan jika berada di dalam suasana yang postif. Namun ini tidak terjadi pada orang yang terkena depresi, dia tidak bisa merasakan kebahagiaan lagi dalam bentuk apapun. Yang dia rasakan hanyalah kemalangan dan kesedihan.

5. Nafsu makan dan berat badan menurun drastis

Nafsu makan menurun via Vemale.

Ciri fisik dari depresi adalah menurunnya nafsu makan yang mengakibatkan berat badan menurun drastis. Orang yang depresi tidak lagi memiliki keinginan untuk makan meskipun terhidang makanan kesukaannya sekalipun.

Itulah beberapa ciri fisik dan psikis dari depresi. Jika Cakap people mengalaminya, segera cari bantuan ya! [ED/RM]

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Tanpa Bensin, Gas Melon Jadi BBM Karya Anak Bangsa

Horor! Jangan Rencanakan Berwisata Ke 6 Tempat ini!