in ,

Iritasi di Area Kewanitaan Saat Haid? Begini Cara Tepat Mengantisipasinya

Ketika haid datang, maka pembalut merupakan salah satu benda yang wajib digunakan dan disimpan dalam rumah. Namun, pernah tidak kamu merasa iritasi akibat penggunaan pembalut? Misalnya seperti timbulnya kemerahan pada bagian paha dalam atau di sekitar selangkangan yang memerah akibat adanya gesekan dengan tepian pembalut yang kamu aplikasikan. Tentu saja hal tersebut tak akan nyaman bukan? Terlebih ketika menjalankan beragam aktivitas di luar rumah.

Kamu dapat mencegah iritasi tersebut dengan beberapa cara, mulai dari rutin menjaga kebersihan hingga mengganti pembalut beberapa jam sekali. Berikut ulasan lengkap yang harus kamu ketahui, Ladies.

1. Gantilah pembalut setiap 4 jam sekali

Mengganti pembalut 4 jam sekali via okezone.com

Siklus haid setiap orang memang berbeda, namun kamu wajib mengganti pembalut secara rutin tiap 4 sampai 5 jam sekali. Namun jika darah yang keluar cukup banyak, maka kamu harus menggantinya tiap 2 hingga 3 jam sekali. Memang terkadang mengganti pembalut merupakan aktivitas yang membuat malas, namun tepiskan kemalasan kamu dan gantilah pembalut secara rutin.

2. Menggunakan bedak antiseptik

Menggunakan bedak antiseptik via hariangadis.com

Berikut ini juga dapat kamu lakukan untuk menghindari iritasi ketika haid. Sebelum kamu menggunakan pembalut, cobalah untuk menaburkan bedak antiseptik pada bagian paha dalam. Perhatikan, jika bedak ditaburkan pada kulit paha bukan pada area kewanitaan.

3. Hindari penggunaan celana dalam dan pakaian ketat

Hindari pakaian ketat via ezyhero.com

Apabila sedang haid, bukan hanya asupan makanan saja yang diperhatikan namun penggunaan beberapa pakaian seperti baju dan celana dalam pun juga perlu diperhatikan. Sebaiknya jangan mengenakan skinny jeans ketika sedang haid, kamu dapat memilih mengaplikasikan celana berbahan katun ataupun rok yang longgar. Mengapa demikian? Sebab agar sirkulasi udara berjalan dengan baik serta area kewanitaan tak menjadi lembap.

4. Jangan menggunakan sabun

Hindari pemakaian sabun di area intim via beritalive.com

Kamu harus teliti! Hindari menggunakan sabun secara sembarangan untuk organ kewanitaan, sebab sabun yang sembarangan akan dapat membunuh bakteri baik serta menimbulkan terjadinya infeksi.

5. Membasuh hingga bersih usai buang air

Selalu jaga kebersihan via hellosehat.com

Ketika haid datang, maka darah akan menempel pada lipatan area kewanitaan. Sehingga kamu harus membasuh dengan bersih area tersebut, terlebih usai aktivitas buang air. Sebelum mengganti pembalut kamu juga harus membersihkan terlebih dulu area kewanitaan tersebut, arah membasuhnya ialah dari depan ke belakang.

Nah, sekarang Ladies tahu bukan? Kalau sesungguhnya iritasi tak hanya dikarenakan oelh pembalut. Tetapi bisa jadi tindakan atau perlakuanmu dalam menjaga kebersihan saat haid. So, selalu jaga kebersihan area kewanitaanmu selama haid ya, Ladies!

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Sering Merasakan Kantuk Habis Makan Siang? Ternyata Ini Penjelasannya

Berdasarkan Kebiasaan Zodiak, Ini Penyakit yang Mungkin Akan Dialami