in ,

Gambaran Kondisi Kesehatanmu Bisa Diketahui dari Warna Darah Menstruasi

Mengetahui kondisi kesehatan tidak hanya bisa kamu lakukan dengan mengamati gejala pada fisik lho! Terutama bagi kamu para wanita yang sudah mengalami menstruasi. Tahukah kamu? Bahwa ternyata warna darah yang keluar saat menstruasi bisa menjadi gejala yang penting untuk menunjukan adanya penyakit tertentu dalam tubuh kamu. Ya, kini kamu bisa mencoba mencari tahu tentang apa yang terjadi pada tubuhmu melalui warna darah menstruasi.

Darah haid pada wanita via liputan6.com

Menstruasi merupakan siklus bulanan bagi organ reproduksi untuk membuang sel-sel mati dalam tubuh yang dikeluarkan bersama dengan darah melalui vagina. Biasanya, menstruasi tidak hanya menimbulkan rasa tidak nyaman tetapi juga perubahan mood yang naik-turun. Nah, kini kamu juga bisa mendeteksi apa yang sedang dialami oleh tubuh melalui pengamatan terhadap darah menstruasi kamu. Berikut infonya!

1. Kuning

Warna darah menstruasi yang kuning menjadi petanda bahwa ada luka atau infeksi di bagian rahim kamu. Warna kuning menunjukan bahwa sebagian organ reproduksi kamu tengah mengalami kondisi yang tidak beres, sehingga cara yang harus kamu lakukan selanjutnya adalah segera menghubungi dokter untuk pemeriksaan lanjut.

2. Cokelat Tua

Warna cokelat tua mengindikasikan adanya darah beku yang tersimpan di dalam rahim. Hal ini bisa saja dialami saat peredaran darah menuju rahim terlalu panjang. Jika demikian, kamu bisa menghubungi dokter untuk meminta resep guna memperlancar peredaran darahnya.

Warna-warna darah haid via zumi.co.ke

3. Gumpalan Merah Tua dan Abu Abu

Jika pada hari pertama munculnya darah masih dianggap wajar dengan warna cokelat tua. Berbeda halnya dengan hari kedua dan ketiga. Biasanya pada hari kesekian gumpalan berwarna merah tua akan muncul dan tidak perlu dicemaskan. Namun, bila sampai hari keempat gumpalan berwarna merah tua ini masih muncul dalam jumlah yang banyak, kamu harus segera memeriksakan diri untuk mengetahui lebih lanjut.

Nah, bila ternyata dua hari saja kamu juga mengeluarkan gumpalan dengan warna abu-abu, inilah yang harus segera kamu konsultasikan ke dokter. Gumpalan dengan warna abu-abu bisa menjadi indikasi adanya tumor.

4. Merah Muda

Merah muda merupakan tanda anemia atau kekurangan darah. Namun, jika menstruasi dengan darah berwarna merah muda ketika kamu sudah menikah bisa jadi ini adalah indikasi kehamilan muda.

5. Merah Terang

Warna merah terang mengindikasikan bahwa pendarahan kamu normal nih! Dinding rahim kamu melebur dengan kecepatan yang normal sehingga ketika selesai menstruasi, tidak ada lagi darah yang tersisa di dalam rahim kamu. Namun, kamu perlu cemas bila ternyata kondisi haid dengan darah merah terang ini berlangsung selama lebih dari sepuluh hari ya!

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Sering Diabaikan Karena Pahitnya, Ternyata Pare Bisa Jadi Pilihan Masker

5 Fase Sebuah Hubungan yang Harus Kamu Ketahui