in ,

Intip Manusia Jaman Purba Sulawesi Selatan di Leang Petta Kere

Semenjak film Jurassic Park muncul, banyak aktivitas zaman purba yang sangat menarik untuk diketahui. Sebagian masyarakat penasaran dengan bagaimana cara manusia purba dapat bertahan hidup di tengah alam liar. Well, buat kamu yang tertarik dengan kehidupan manusia purba, kamu harus banget deh datang ke Taman Nasional Geopark Maros-Pangkep di Sulawesi Selatan.

nationalgeographic.com

Geopark yang satu ini terletak di Makassar, Sulawesi Selatan yang kemudian diberi nama taman prasejarah laeng-laeng. Di taman nasional ini terdapat gua-gua prasejarah yang tersebar di perbukitan cadas atau karst dengan beragam jenis peninggalan budaya manusia purba.

Peninggalan budaya manusia purba tersebut diantaranya berupa gambar yang menghiasi dinding gua, mulai dari cap tangan sampai babi hutan yang konon dibuat oleh manusia purba. Selain itu di beberapa gua juga ditemukan sebaran alat batu maupun sampah dapur yang terdiri atas moluska tawar, payau, dan laut.

papasemar.com

Peninggalan arkeologi tersebut menjadi objek kajian yang sangat menarik untuk dijadikan bahan penelitian guna mengetahui kehidupan manusia masa lampau. Beberapa arkeolog bahkan berpendapat bahwa di antara gua tersebut sudah didiami sejak 8.000 – 3.000 SM.

Salah satu gua yang diperkirakan dihuni oleh manusia purba adalah Laeng Petakere. Posisi gua ini cukup tinggi sekitar 70m, sehingga Sahabat Sporto perlu perjuangan untuk mencapainya. Peninggalan yang ditemukan pada leang ini berupa dua gambar babi rusa dan 27 gambar telapak tangan, alat serpih bilah dan mata panah.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Histori Hari Ini (26 April)

Dankot, Kuliner Khas Dari Tana Toraja yang Bikin Lidah Ketagihan