in ,

Insomnia? Trik Sederhana Ini Bisa Membuatmu Tertidur Kurang dari 1 Menit

CakapCakap – Para Insomnia! Bersiaplah untuk tidur malam ini dengan cara terbaik yang pernah ada. Kamu tidak akan membolak balikkan badan lagi tanpa bisa memejam dengan pulas hingga pagi hari.

Dengan trik ini, rutinitas penghitungan domba pada malam hari pasti sudah takkan berlaku lagi. Dan tidak ada lagi yang namanya berbaring dengan mata yang susah terpejam dalam gelap setelah terbangun di tengah malam.

Cakap People! Sekarang ada cara mudah — dan disetujui oleh pakar — untuk bisa segera tertidur hanya dalam waktu kurang dari satu menit saja. Bagaimana triknya?

Trik sederhana itu disebut dengan metode 4-7-8. Cara ini sangat mudah dilakukan. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah duduk di posisi yang nyaman di tempat tidurmu. Kemudian, tarik napas melalui hidung selama empat detik, tahan napas selama tujuh detik, lalu buang napas perlahan melalui mulut selama delapan detik lagi. Ulangi sampai kamu tertidur.

Credit : Lenetstan/Shutterstock

Dari laman Reader’s Digest, Dokter Medis Harvard Weil, Andrew Weil, mengadopsi latihan ini dari praktik meditasi yogi India selama berabad-abad.

“Ini satu-satunya metode terbaik yang saya temukan saat kamu tidak bisa tertidur kembali jika terbangun di tengah malam,” katanya dalam sebuah kuliah.

Para yogi menggunakan metode ini untuk mencapai keadaan relaksasi total, menangkal stres dan kecemasan. Perlahan-lahan memperlambat pernapasan kamu dan membuat ritme jantung juga melambat, dan membuat seluruh tubuh kamu menjadi rileks. Dengan kata lain, ini adalah obat penenang alami — untuk tubuh dan pikiran kamu.

“Teorinya adalah bahwa dengan membuat ritme tertentu pada napas dengan sistem tak memaksa (voluntary System), secara bertahap ini diinduksi ke dalam sistem saraf tak disengaja, “katanya. 

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa hal itu datang seiring waktu. “Jadi metode ini harus rutin dilakukan selama beberapa minggu, bulan dan tahun hingga menghasilkan perubahan yang kamu inginkan, yaitu tidur dengan baik.”

Itu dia, Cakap People! Setelah kamu mulai berkomitmen untuk mencobanya, mulai sekarang, kamu bisa berhenti menghitung domba untuk selamanya. Tapi, jika kamu masih membolak-balikan badan tak bisa tertidur kembali dengan baik, jangan lupa konsultasi dengan dokter favorit kamu ya. 

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Keren! Dalam Waktu Dekat Google Assistant Bakal Bisa Kenali Wajah Pengguna

Tak Disangka, Menghangatkan 4 Jenis Sayur Ini Malah Bisa Mengundang Bahaya!