in ,

Inilah Jadwal Seleksi Sekolah Kedinasan 2019, Mulai dari IPDN hingga STAN

Soal-soal latihan CAT dapat diakses melalui cat.bkn.go.id untuk calon mahasiswa baru.

CakapCakapCakap People! Untuk kamu yang baru saja lulus SMA/sederajat dan berencana untuk melanjutkan pendidikan ke sekolah kedinasan pemerintah, tahun 2019 ini ada delapan instansi atau lembaga yang membuka seleksi penerimaan mahasiswa baru.

Nah, untuk kamu yang nantinya dinyatakan lulus seleksi administrasi di masing-masing sekolah tersebut, calon mahasiswa baru selanjutnya akan mengikuti mengikuti ujian berbasis komputer (CAT) Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Ilustrasi. (Foto: FERGANATA INDRA RIATMOKO / Kompas)

Mohammad Ridwan, Kepala Biro Humas BKN mengatakan, seleksi CAT BKN akan dilaksanakan di 14 Kantor Regional BKN, 16 UPT BKN dan beberapa sekolah kedinasan yang menyiapkan fasilitas secara mandiri.

“Soal menggunakan SKD CPNS 2018 untuk tingkat SMA. Untuk STAN seluruhnya memakai fasilitas mandiri milik STAN, tetapi sistem tetap memakai CAT BKN. Untuk IPDN, sebagian mandiri, yang lain tetap di BKN,” kata Ridwan seperti dikutip dari Kompas. 

Ridwan juga menegaskan bahwa pihak BKN sudah berkoordinasi dengan instansi sekolah kedinasan terkait mengenai proses pelaksanaan seleksi, dan menyiapkan soal-soal latihan di situs cat.bkn.go.id untuk calon mahasiswa baru. “Infrastuktur, SDM BKN, semuanya sudah siap,” tambah Ridwan.

Sejauh ini sudah ada beberapa sekolah kedinasan yang telah melakukan ujian CAT pada Mei lalu, sehingga tersisa enam instansi atau lembaga pemerintah tersisa yang bakal menyelenggarakan tes, di antaranya:

1. Badan Siber dan Sandi Negara (Sekolah Tinggi Sandi Negara/STSN): 17-18 Juni 2019

2. Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Poltekip/Poltekim): 18-22 Juni 2019

3. Kementerian Dalam Negeri (Institus Pemerintahan Dalam Negeri/IPDN): 24 Juni-1 Juli 2019

4. Kementerian Keuangan (Politeknik Keuangan Negara STAN): 3-13 Juli 2019

5. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi Geofisika/STMKG): 9-13 Juli 2019

6. Kementerian Perhubungan: 1-3 Juli 2019 dan 22-23 Juli 2019

Untuk jadwal tes masing-masing peserta, calon mahasiswa baru bisa langsung mengaksesnya melalui situs resmi instansi yang dipilih.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Loading…

0

Comments

0 comments

Diam-Diam, Ternyata Teknologi AI Jadi Kunci Manchester City Juarai Liga Inggris!

Curi Start, Korea Selatan Siap Memulai Pengembangan Jaringan 6G!